Pengobatan TBC Anak Wajib Dilakukan 6 Bulan, Ini Alasannya

Untuk bisa sembuh total dari TBC harus dilakukan pengobatan intensif dan memang memakan waktu lama.

Gladys Velonia
| 16 Januari 2018 15:54

Dream - Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit menular paling mematikan di Indonesia. Tercatat setiap tahun terdapat 1 juta kasus baru dengan jumlah kematian hingga 274 kasus di tahun 2016.

TBC sendiri disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tubercolosis. Cara penyebarannya pun sangat mudah, terjadi melalui udara saat pasien TBC batuk atau bersin tapi tidak ditutup, sehingga kuman keluar dan terhirup oleh orang lain. Tak hanya orang dewasa, bahkan balita pun dapat terjangkit penyakit ini. Biasanya ditandai dengan batuk lama hingga berdarah.

Penularannya yang mudah dan cepat membuat siapa pun bisa terkena TBC. Untuk bisa sembuh total dari TBC harus dilakukan pengobatan intensif dan memang memakan waktu lama.

" Meski mematikan, TBC itu sangat mungkin disembuhkan. Asal dilakukan pengobatan secara rutin selama 6 bulan," ujar dr. Erlina Burhan, seorang spesialis penyakit pernapasan, di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa 16 Januari 2018.

Cara pengobatannya sendiri untuk pasien balita dan dewasa, tidak ada perbedaan. Semua pasien wajib mengikut pengobatan selama 6 bulan secara full dengan kombinasi beberapa jenis obat. Hanya saja, dosis untuk balita dan dewasa perlu dibedakan.

" Dosis dibedakan berdasarkan berat badan. Tapi durasinya sama, 6 bulan. Dosis dan durasi ini harus sesuai ya, tidak boleh asal," imbuh Erlina.

Menurut Erlina, pemberian obat dengan dosis yang tepat adalah kunci keberhasilan penyembuhan. Karena jika dosis tidak tepat, kuman Mycobacterium dapat membentuk sistem kekebalan terhadap obat-obatan.

" Dua 2 bulan pertama biasanya terjadi perbaikan. Yang tadinya batuk darah jadi tak berdarah lagi. Anak-anak yang susah makan jadi nafsu lagi. Kadang dikira sudah sembuh. Padahal kuman-kuman TB di dalam tubuh masih ada tapi jumlahnya sedikit. Begitu obat dihentikan, kuman-kuman ini mengalami mutasi yang membuat kuman makin kuat, berkembang biak makin banyak, dan resisten pada obatnya," jelas Erlina.

Untuk itu sangat penting untuk melakukan pengobatan TB sampai benar-benar sembuh. Minum obat harus sesuai jadwal dan tak boleh lupa sedikit pun. Durasi pengobatan selama 6 bulan menjadi paling ideal untuk kesembuhan pasien TB.

Konser Amal Melly Goeslaw & Opick Galang Dana Hingga 1 Miliar

Jangan Lewatkan