Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pengalaman Bidan Dampingi Pasien Rujukan Naik Mobil Bak Terbuka

Pengalaman Bidan Dampingi Pasien Rujukan Naik Mobil Bak Terbuka Bidan Cynthia Rinandi/ TikTok @cynthiare94.

Dream - Menjadi tenaga kesehatan, terutama di daerah yang fasilitas transportasi kesehatannya masih kurang tentunya harus siap mental. Termasuk mendampingi pasien rujukan saat harus ke fasilitas kesehatan yang lebih lengkap.

Seperti pengalaman Bidan bernama Cynthia Rinandi pemilik akun TikTok @cynthiare94. Ia membagikan video saat naik mobil bak terbuka. Saat itu, ia bersama rekannya mendampingi salah satu pasien rujukan.

Bidan Cynthia

Oksigen dan selang infus diperhatikannya dengan baik, agar kondisi pasien tetap baik selama di perjalanan. Dengan segala keterbatasan, bidan Cynthia mengungkap ia tetap semangat melakukannya.

"Pengalaman yang ga bisa dilupain, waktu ngerujuk pasien darurat ga ada kendaraan sampe naik kolbak buntung, gak masalah bagi kita. Untung ada orang baik yang mau bantu," tulis Cynthia, dalam keterangan yang diunggahnya.

 

Lihat video Bidan Cynthia

Hal ini tentu saja membuat salut banyak orang. Para warganet pun berkomentar, seperti salah satu akun menulis "bu bidan, semoga jadi pahala ya semangatnya".

Lalu ada juga yang berkomentar "tenaga kesehatan memang orang-orang yang bermental baja, urusannya nyawa manusia". Berikut videonya.

 

@cynthiare94 keselamatn pasien prioritas utama #fyp #fypシ #nakes #bidan ♬ suara asli - CynthiaRinandi

Bidan Ungkap Fakta Soal Level Rasa Sakit Melahirkan

Dream - Proses melahirkan identik dengan rasa sakit, baik itu secara normal maupun operasi caesar. Hal ini kerap menimbulkan rasa takut para ibu, terutama yang baru pertama kali melahirkan,

Banyak juga anggapan kalau rasa sakit melahirkan seperti 20 tulang patah bersamaan. Terkait hal ini, Ony Christy, seorang bidan profesional yang dikenal dengan sebutan Bidan Kriwil lewat Instagramnya @bidankriwil memberi penjelasan.

"Seringkali beredar unggahan berisi klaim bahwa rasa sakit saat melahirkan sebanyak 57 del (unit) atau bahkan setara dengan 20 tulang patah bersamaan padahal tubuh manusia hanya bisa menanggung rasa sakit sebanyak 45 del (unit). Benarkah demikian? Klaim tersebuut salah," tulis Bidan Ony.

Menurut Bidan Ony, biasanya rasa sakit oleh tenaga medis diukur menggunakan skala numerik. Kondisi nyeri atau sakit juga sangat berbeda di tiap individu.

"Tidak ada satuan bernama del. Sebuah satuan yang dikembangkan untuk mengukur rasa sakit adalah dol (dolorimeter) bukan del. Selain itu tenaga medis menggunakan skala numerik untuk mengukur rasa sakit dengan nilai 1-10 saja. Membandingkan tipe rasa sakit yang berbeda merupakan hal yang sulit. Walaupun melahirkan terbukti sangat menyakitkan namun tingkat rasa sakit tersebut tidak dapat disetarakan dengan rasa sakit lainnya," ungkap bidan Ony.

Ia pun menjelaskan ada banyak faktor yang mempengaruhi level rasa sakit persalinan. Antara lain bentuk panggul ibu, posisi ibu, posisi bayi, level stres dan dehidrasi. Bidan Onu pun punya pesan khusus untuk para ibu hamil yang takut menghadapi rasa sakit persalinan.

"Dibandingkan fokus pada rasa takut menghadapi persalinan yang belum tentu terjadi alangkah lebih baik jika energi kita digunakan untuk belajar dan mempersiapkan persalinan. Sehingga nanti persalinan jadi nyaman dan penuh cinta," tulis bidan Ony.

Fakta-fakta Soal Nyeri Berhubungan Intim Setelah Melahirkan

Dream – Bagi para ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami nifas selama sekitar 40 hari. Setelah darah nifas berhenti, ibu baru bisa melakukan hubungan intim. Sayangnya, beberapa ibu malah menghindarinya.

Hubungan intim setelah melahirkan memang sedikit menimbulkan kekhawatiran. Baik bagi ibu yang melahirkan secara normal maupun menajalani operasi caesar. Pasalnya, luka persalinan masih terasa.

Hubungan intim memang bisa memicu munculnya rasa nyeri. Istilah medis untuk nyeri selama hubungan seks yaitu dispareunia. Dispareunia setelah melahirkan merupakan kondisi yang cukup umum.

Enam bulan pasca persalinan, seseorang masih mengalami ketidaknyamanan dengan penetrasi. Dibutuhkan komunikasi dengan pasangan hubungan intim bisa kembali nyaman dilakukan

"Kita tidak harus puas dengan seks pasca melahirkan yang menyakitkan. Dengan pengetahuan, alat, dan konsultasi yang tepat, ibu dapat memiliki seks pasca melahirkan sesuai dengan yang diinginkan," kata Krystyna Holland, DPT, seorang dokter terapi.

Holland menjelaskan ada tiga alasan umum utama yang membuat hubungan intim terasa sakit setelah persalinan. Apa saja?

Perubahan jaringan otot

Hamil berdampak pada kondisi dan fungsi jaringan panggul, termasuk otot-otot dasar. Keluarnya bayi juga memberi tekanan baru pada jaringan otot. Saat melahirkan otot panggul juga mengalami peregangan ekstrem, termasuk saat operasi caesar karena mengalami sayatan lapis demi lapis.

Otot dasar panggul menjadi alasan utama membuat seks yang menyakitkan. Otot tersebut seperti 'tempat tidur gantung' di bagian bawah panggul, serta memiliki berbagai pekerjaan penting. Ketika jaringan termasuk kulit dan otot terganggu, terluka, atau bahkan terpotong, jaringan tersebut butuh waktu untuk pulih. Semasa pemulihan rasa nyeri akan kerap muncul.

 

 

Perubahan hormon

Perubahan hormon juga menjadi dampak besar terhadap seks pasca persalinan yang menyakitkan. Setelah melahirkan, estrogen akan turun secara signifikan dan tetap rendah, terutama jika ibu menyusui.

Jaringan vulva dan vagina yang terbuka disebut introitus, sangat sensitif terhadap estrogen. Ketika introitus kekurangan estrogen, jaringan menjadi meradang dan pelumasan vagina dapat berkurang.

Kekeringan dapat memengaruhi kemampuan ibu untuk menikmati hubungan seks. Kondisi ini bisa diatasi, cobalah berkonsultasi dengan dokter.

Perubahan kebiasaan seksual

Salah satu pemicu paling signifikan terhadap seks pasca melahirkan yang menyakitkan yaitu perubahan kebiasaan seksual. Antara pengasuhan anak, peralihan pekerjaan, perubahan tubuh, kepercayaan diri, kurang tidur, dan kondisi psikologis.

Kenikmatan seksual kerap tidak jadi prioritas. Saat berhubungan intim, fokus pikiran ibu tak fokus. Hal ini membuat hubungan seksual jadi tak menyenangkan bahkan menyakitkan. Penting untuk membicarakannya dengan pasangan.

Laporan: Angela Irena Mihardja/ Sumber: Parents

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Brak! Iring-iringan Mobil Anies Baswedan Tabrakan Beruntun di Madura, 4 Mobil Ringsek

Brak! Iring-iringan Mobil Anies Baswedan Tabrakan Beruntun di Madura, 4 Mobil Ringsek

Iwan memastikan Anies dalam keadaan baik-baik saja dan terhindar dari kecelakaan.

Baca Selengkapnya
Sering Mabuk Perjalanan? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Mual

Sering Mabuk Perjalanan? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Mual

Lakukan beberapa hal sederhana saat traveling atau berada di dalam mobil maupun pesawat untuk mengatasi mabuk perjalanan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bungkus! Tebak kopi Sachet

Bungkus! Tebak kopi Sachet

Sahabat dream, kalian suka minum kopi sachet gak nih? Kalau pernah, pasti bisa dong jawab tebakan ini.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Lift Kantor Mati

NOTED KAK! Ketika Lift Kantor Mati

Sahabat Dream pernah gak sih mengalami kejadian kaya ini? Kira-kira apa yang akan kalian lakukan?

Baca Selengkapnya
Dress IT! 1 Cardigan Untuk Jadi 3 Style

Dress IT! 1 Cardigan Untuk Jadi 3 Style

Sahabat Dream, kalian bisa coba nih, Outfit dengan 1 cardigan bisa bikin 3 style loh. Udah hemat penampilan tetap oke.

Baca Selengkapnya