Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pencernaan Anak Bermasalah, Kenali Pertandanya

Pencernaan Anak Bermasalah, Kenali Pertandanya Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Masalah pencernaan pada anak-anak, terutama balita yang belum jelas berbicara sering membuat orangtua tak sadar. Pasalnya, anak belum bisa menjelaskan secara detail keluhan yang dirasakannya.

Saat pencernaannya bermasalah, mereka bisa saja malah mengeluhkan hal lain. Orangtua pun kerap mengira anak malah bermasalah dengan penyakit lain.

"Otak kita adalah organ yang mengagumkan. Saat ada organ lain yang kesakitan reaksi yang muncul bisa berbeda dari tiap orang," ujar dr. Sam Hay, seorang spesialis anak, seperti dikutip dari KidSpot.

Nyeri yang muncul pun tergantung dari sumbernya. Misalnya, jika yang bermasalah organ perut bagian atas maka dirasakan samar-samar di bawah tulang rusuk. Jika organ-organ tengah seperti usus kecil dan besar, nyerinya di sekitar pusar.

Lalu jika nyeri di organ perut bawah (kandung kemih, indung telur, rektum) maka sakitnya di bagian bawah. Tetapi di mana pun rasa sakit itu berasal, hal yang cenderung dikeluhkan anak adalah perut tengah.

"Masalah pencernaan biasanya ditandai dengan gejala nyeri di perut. Anak yang sudah besar, akan bisa mengatakan sumber rasa sakit. Sementara pada anak yang balita, mereka bisa jadi sangat rewel, sulit makan, dan gelisah," kata Hay.

Perhatikan juga feses atau kotoran saat buang air besar. Jika sangat keras, bisa jadi anak mengalami sembelit dan kesakitan. Sebaliknya, apabila berupa cairan dan encer, anak bisa jadi mengalami diare akibat virus atau bakteri.

Keluhan sakit perut bisa juga jadi pertanda anak sedang mengalami masalah psikologis. "Anak biasanya belum bisa menceritakan ketakutan, kepanikan dan kegelisahan yang dialaminya karena suatu hal. Mereka pun mengatakan hal yang paling mudah dipahaminya, yaitu sakit perut," ungkap Hay.

Perhatikan juga kebiasaan anak, misalnya ia menjadi lebih pendiam, malas berinteraksi, menarik diri. Jika kondisinya demikian, tak ada salahnya untuk mengajaknya berbicara dan menanyakan masalah yang dialaminya.

Masalah pencernaan pada anak tak bisa dianggap ringan. Konsultasikan segera dengan dokter jika selama 3 hari buah hati mengalami nyeri, susah makan, wajahnya pucat dan terlihat lemas.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Anak Baru Berani Buka Lemari Setelah 2 Tahun Ibu Meninggal, Langsung Nangis Lihat Isinya
Anak Baru Berani Buka Lemari Setelah 2 Tahun Ibu Meninggal, Langsung Nangis Lihat Isinya

Dia tidak kuat menahan kesedihan dan kerinduan karena banyak kenangan manis bersama ibunya.

Baca Selengkapnya
Keajaiban, Seorang Ibu Lahirkan Anak Kembar dengan Jarak 22 Hari
Keajaiban, Seorang Ibu Lahirkan Anak Kembar dengan Jarak 22 Hari

Sang ibu tidak mengalami masalah atau komplikasi apapun sampai merasakan nyeri menjelang persalinan.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya
Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara memilih mukena anak yang baik agar si kecil nyaman memakainya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.