Pekan ASI Sedunia, Perangi Malnutrisi dengan ASI

Dukungan dari berbagai pihak memang jadi faktor penting dalam keberhasilan menyusui.

Mutia Nugraheni
| 1 Agustus 2018 16:12

Dream - Agustus merupakan bulan penghargaan bagi mama-mama pejuang ASI (air susu ibu) di seluruh dunia. World Breastfeeding Week (WBW) diperingati setiap 1 hingga 7 Agustus.

Pada peringatan tahun ini worldbreastfeedingweek.org menekankan tema Breastfeeding: Foundation of Life atau ASI sebagai pondasi kehidupan. Tak dipungkiri masalah malnutrisi pada anak masih jadi isu di berbagai negara.

Padahal penting diketahui kalau masalah kekurangan gizi atau malnutrisi pada anak bisa dicegah dengan pemberian ASI. Para ibu harus berusaha untuk menyusui bayinya terutama di usia 0 hingga 6 bulan.

Memberi ASI berarti memberikan nutrisi terbaik yang sudah dianugerahkan Tuhan. Jika merasa kesulitan, cobalah berusaha mencari cara, berkonsultasi dengan konselor laktasi atau dokter dan berbagi pengalaman dengan ibu menyusui lainnya.

Menyusui bahkan bisa mendukung perekonomian keluarga. Tidak perlu membeli susu formula yang harganya bagi mereka yang kekurangan sangat mahal. Bahkan menyusui merupakan keputusan cerdas yang membantu memastikan ketahanan pangan bahkan di saat-saat krisis.

Dukungan dari berbagai pihak memang jadi faktor penting dalam keberhasilan menyusui. Jangan segan untuk mengembalikan semangat menyusui yang seringkali 'kendor'.

Salah satunya caranya dengan ikut ke kelas-kelas menyusui atau menyimak cerita para selebritas yang semangat menyusui, seperti Sandra Dewi, Zaskia Adya Mecca atau dr. Reisa Brotoasmoro.

Tetap semangat menyusui, mama!

Summer Style 2019

Jangan Lewatkan