Pastikan Pintu Kamar Anak Tertutup Rapat Saat Tidur

Perhatikan perbandingan kondisi pintu kamar yang terjadi saat kebakaran.

Mutia Nugraheni
| 8 Februari 2019 12:08

Dream - Banyak anak-anak memiliki rutinitas tidur setiap malam yang berakhir dengan ibu atau ayah meninggalkan pintu kamar tidur. Membiarkan pintu terbuka atau menyisakan sedikit bukaan.

Anak kerap kali takut di kamar sendirian saat terbangun tengah malam. Pintu yang terbuka membuat mereka kadang lebih tenang. Tapi ternyata dalam hal keamanan, pintu kamar tidur sebaiknya ditutup rapat. Hal ini diperingatkan oleh tim pemadam dari Cold Spring Harbor Fire Department, New York.

 Perbandingan pintu

Dengan visual yang mengejutkan, tim pemadam menunjukkan kepada orangtua mengapa anak-anak tidak boleh tidur dengan pintu kamar terbuka. Berupa perbandingan pintu kamar yang terjadi saat kebakaran.

Di sisi kanan terlihat hitam dan menghangus, yaitu bagian luar yang terkena api. Sementara sebaliknya, di bagian dalam pintu tetap putih bersih. Hal ini menunjukkan dengan menutup pintu akan memberi perlindungan lebih maksimal jika terjadi kebakaran.

" Sebagai orangtua, memang sulit meyakinkan anak-anak kecil untuk tidur dengan pintu tertutup, mereka selalu ingin dibuka sedikit. Demi pencegahan kebakaran yang meluas tekankan kepada anak-anak betapa pentingnya tidur dengan pintu tertutup," tulis pengumuman Cold Spring Harbor Fire Department, seperti dikutip dari CafeMom.

Dengan pintu yang tertutup, masih ada perlindungan jika muncul asap dan api yang sangat mematikan. Anak bisa diselamatkan lewat jendela dan pintu yang tertutup bisa menahan kobaran api dan asap untuk masuk ke kamar.

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik

Jangan Lewatkan