Pastikan 5 Hal Ini Saat Cuci Botol Bayi

Jangan sampai botol susu tersebut malah jadi sumber penyakit bagi anak karena tidak bersih.

Mutia
| 10 September 2018 14:12

Dream - Bagi anak-anak yang masih menyusu menggunakan botol, aspek kebersihannya tentu harus selalu dijaga. Jangan sampai botol susu tersebut malah jadi sumber penyakit bagi anak karena proses pencucian dan sterilisasinya yang tak maksimal.

Sebelum melakukan sterilisasi, proses pencucian botol bayi dan peralatan makannya juga perlu diperhatikan. Dokter Fiona Amelia dari Klikdokter berbagi cara mencuci botol dan alat makan bayi dalam acara Steril Pintar untuk Mom Cerdas yang diadakan Babyologist dan Spectra, beberapa waktu lalu.

Ada lima hal yang harus diperhatikan saat mencuci botol bayi dan peralatan makannya. Apa saja?

1. Setelah digunakan segera dicuci
Tak perlu menunggu peralatan makan Si Kecil menumpuk baru dicuci menggunakan sabun khusus. " Dengan segera mencuci berarti tidak memberi kesempatan kuman dan bekteri untuk tumbuh," kata Fiona.

2. Keringkan dengan handuk bersih
Setelah itu, keringkan alat makan dengan handuk bersih. Bisa juga menggunakan alat pengering elektronik. Jangan sampai botol terlalu lama keadaan basah karena akan memicu pertumbuhan kuman dan bakteri.

3. Pastikkan nipple tidak robek
Saat mencuci botol susu, pastikan nipple (bagian anak menyedot) tidak robek. Jika robek, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

" Di robekan itu bisa jadi sarang kuman, maka segera ganti nipple yang robek," ujar wanita lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

4. Sikat bagian lubang nipple
Bagian dalam botol susu pasti dicuci bersih, tapi jangan lupakan lubang nipple. Walau amat kecil, saat mencuci bersihkan juga lubang nipple. Kini, sudah ada alat untuk menyikat bagian ini.

5. Bilas maksimal
Setelah semuanya dicuci dan disikat, bilas hingga bersih menggunakan air yang mengalir. Sesudah itu, lanjutkan dengan melakukan sterilisasi. Bisa menggunakan steam atau alat sterilisasi dengan sinar UV.

Sumber: Benedikta Desideria/ Liputan6.com

Apa manfaat dan Tips perawatan baby spa untuk bayi

Jangan Lewatkan