Pantau Level Gula Darah Saat Hamil, Demi Kesehatan Ibu dan Janin

Bagi yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes dan tengah mengandung, jangan lupa untuk menjelaskannya pada dokter kandungan.

Mutia Nugraheni
| 13 November 2019 18:02

Terapi Pengobatan

Kondisi diabetes ini tak boleh dibiarkan, ibu harus diberikan terapi pengobatan khusus oleh dokter kandungan agar kesehatan diri dan bayinya tetap terjaga.

Hal yang tak kalah penting adalah mengontrol pola makan yang seimbang, seperti mengurangi asupan nasi putih dan makanan manis.

Olahraga ringan juga jadi kunci penting untuk mengontrol level gula darah tetap terkendali, baik saat kehamilan dan setelah persalinan. Untuk itu, jika memiliki riwayat diabetes atau mengalami diabetes saat hamil, konsultasi lebih intensif dengan dokter kandungan Anda. Tetap berolahraga seperti biasa dan mengonsumsi asupan seimbang.

"Dengan beraktivitas fisik, kadar gula, lemak dan kalori dapat tersimpan secara seimbang. Idealnya, ibu hamil diharuskan untuk mengonsumsi sekitar 2.000 kalori. Tentunya, jumlah kalori sebanyak itu harus diimbangi dengan adanya aktivitas fisik," ujar dr. Lily



Selanjutnya :

Penyebab Level Gula Darah Saat Hamil Harus Rutin Diperiksa

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan