Pantau Level Gula Darah Saat Hamil, Demi Kesehatan Ibu dan Janin

Bagi yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes dan tengah mengandung, jangan lupa untuk menjelaskannya pada dokter kandungan.

Mutia Nugraheni
| 13 November 2019 18:02

Kontrol Level Gula Darah Saat Hamil dengan Olahraga

Dream - Saat tahu tengah berbadan dua, jangan segera menghentikan aktivitas olahraga yang biasa Anda lakukan, kecuali jika melakukan olahraga ekstrem. Memang kadang rasa mual dan pusing datang tiba-tiba karena kondisi hormon.

Jika kondisi sudah stabil dan bisa beraktivitas normal, rutinlah berolahraga. Tak perlu yang terlalu rumit, cukup berjalan kaki setiap pagi atau sore. Aktivitas fisik secara teratur akan sangat membantu peredaran darah lebih lancar, membuat level stres menurun, melatih pernapasan, juga menguatkan fisik.

Olahraga ringan juga disarankan untuk para ibu hamil yang mengalami gestational diabetes atau diabetes kehamilan. Kondisi tersebut membuat ibu hamil memiliki tingkat glukosa darah lebih tinggi dari normal. Hal ini bisa terjadi karena perubahan hormon-hormon dalam tubuhnya membuat kerja insulin jadi tidak efektif.

"Pemeriksaan kehamilan dan kesehatan rutin meliputi pengukuran indeks massa tubuh, tekanan darah, kadar gula serta kolestrol sangat penting dilakukan bagi ibu hamil untuk melawan diabetes," ujar dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati, Direktur Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI.

Selanjutnya :

Terapi Pengobatan

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan