Pantau Level Gula Darah Saat Hamil, Demi Kesehatan Ibu dan Janin

Bagi yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes dan tengah mengandung, jangan lupa untuk menjelaskannya pada dokter kandungan.

Mutia Nugraheni
| 13 November 2019 18:02

Dream - Pemeriksaan gula darah bukan termasuk pemeriksaan standar kehamilan. Biasanya, saat hamil ibu hanya menjalani pemeriksaan berat badan, tekanan darah dan ultrasonografi untuk mengetahui kondisi janin.

Nah, bagi Sahabat Dream yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes dan tengah mengandung, jangan lupa untuk menjelaskannya pada dokter kandungan. Informasi ini sangat penting dan nantinya bakal dilakukan pemeriksaan gula darah.

Ibu hamil bisa saja mengalami diabetes saat hamil atau disebut dengan diabetes gestasional. Penyebab utamanya belum diketahui, namun bisa jadi karena autoimun atau obesitas.

" Sebetulnya itu masih kontroversi, karena kalau ibu hamil sering disebabkan oleh autoimun atau mungkin dia gemuk," kata Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, spesialis gizi klinik di RSCM, MRCCC dan Jakarta Heart Centre, saat ditemui di acara media briefing 'Gerakan Lawan Diabetes Bersama Dia', di Jakarta, Rabu, 13 November 2019.

 

Selanjutnya :

Peningkatan Glukosa Darah

Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis

Jangan Lewatkan