Pangku Si Kecil Saat Main Seluncuran Bisa Berakibat Fatal

Dengan menaiki seluncuran bersama anak, rupanya meningkatkan risiko cedera.

Mutia
| 11 Juli 2018 16:03

Dream - Taman bermain biasanya dilengkapi permainan seluncuran yang sangat disukai anak-anak. Saat mendampingi bermain terutama anak balita, orangtua seringkali ikut berseluncur dengan memposisikan anak di pangkuan atau berada di belakangnya.

Sahabat Dream sering melakukannya? Mulai sekarang sebaiknya hindari ikut berseluncur bersama anak di mainan tersebut. Rupanya menurut laporan American Academy of Pediatrics National Conference & Exhibition diperkirakan terjadi kecelakaan sebanyak 352.698 pada anak usia di bawah 6 tahun karena bermain seluncuran bersama pendamping.

Dengan menaiki seluncuran bersama anak, rupanya meningkatkan risiko cedera. Belum lagi gesekan antara kulit dan papan seluncuran yang bisa meimbulkan luka di kulit anak.

Untuk itu lebih baik membiarkan anak menaiki seluncuran sendiri. Cukup mengawasinya dan ajarkan untuk berhati-hati serta bergantian menggunakannya saat banyak anak lain yang juga bermain.

" Aku menemukan banyak kasus patah kaki dan fraktur karena permainan seluncuran ini. Terutama saat anak naik bersama orangtuanya. Pengawasan akan jauh lebih baik dibanding naik seluncuran bersama anak," ujar dr. Charles Jennissen profesor klinis dari University of Iowa Carver College of Medicine.

Saat main seluncuran pastikan si kecil menggunakan pakaian yang nyaman dan menutup bagian kulitnya. Sesuaikan tinggi seluncuran dengan usia anak dan perhatikan jika ada bagian seluncuran yang rusak atau terlepas. Hal terpenting adalah mengawasi anak secara seksama dan fokus saat ia bermain.

Sumber: Popsci

Bangga! Musisi Indonesia di Official Song Asian Games 2018

Jangan Lewatkan