Pahami Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Memandikan bayi memang bukan hal yang mudah, terlebih bagi orang tua baru dan bayi yang baru lahir. Bagaimana cara memandikan bayi yang baru lahir bagi pemula?

Siwi Nur Wakhidah
| 5 Juli 2019 18:06

Kapan dan di mana Memandikan Bayi Baru Lahir

Sebelum mempelajari cara memandikan bayi yang baru lahir, akan lebih baik kalau orangtua tahu dan paham, kapan bayi boleh dimandikan, dan di mana tempat yang baik untuk memandikan bayi.

Bayi yang baru lahir cukup dengan mandi 2-3 kali dalam seminggu, dan kalau bayi sangat menyenangi air dan tenang ketika dimandikan, orangtua bisa memandikan bayi sehari satu kali. Mandi terlalu sering tidak terlalu baik untuk bayi dan bisa membuat kulitnya kering.

Waktu yang dihabiskan mandi untuk mandi juga disarankan jangan terlalu lama, cukup 5-10 menit saja. Waktu yang tepat untuk memandikan bayi ialah di sore hari, dan hindari memandikan bayi ketika bayi lapar, atau sesaat setelah menyusui.

Sedangkan tempat untuk memandikan bayi yang baru lahir, bisa di ember plastik kecil khusus bayi dan sesuaikan ukuran dengan badan bayi, jangan terlalu besar atau terlalu kecil.

Selanjutnya :

Tips Menyiapkan Peralatan Mandi Bayi Baru Lahir

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan