Operasi 9 Kali, Semangat Bocah Ini Patut Diacungi Jempol!

Menjalani serangkain pemeriksaan, operasi dan perawatan, Kenzie tetap ceria.

Cynthia Amanda Male
| 8 Mei 2018 18:02

Dream - Usianya masih 5 tahun, tapi Kenzie Anelka Trisnadinova sudah jalani operasi 9 kali. Kenzie merupakan penderita Atresia Bilier, gangguan saluran empedu bawaan pada bayi baru lahir dan termasuk penyakit langka.

Atresia Bilier yang dialami Kenzie membuat cairan empedunya tidak bisa mengalir keluar dari hati, sehingga menyebabkan gangguan serius di organ hatinya, bahkan hingga kehilangan fungsinya. Demi bisa bertahan hidup, Kenzie mendapat 'hati' baru dari sang ibu, Novita Juniarti (31).

" Sebelumnya, Kenzie divonis Progressive Familial Intrahepatic Cholestasis (PFIC). Saat didiagnosa ulang, ternyata Atresia Bilier. Tapi, dari awal sudah dianjurkan untuk transplantasi hati," ujar Bambang, ayahanda Kenzie di RSCM, Senin 7 Mei 2018.

Sebelum dioperasi, Kenzie sempat menderita varises. Kondisi tersebut membuat pembuluh darahnya pecah. Operasi transplantasi hati pun segera dijadwalkan Awalnya, ayah dari Kenzie lah yang akan mendonorkan hati untuk putra kesayangannya. Tapi hal itu tak bisa dilakukan.

" Saya berusaha menjalani hidup sehat untuk bisa donor hati, tapi ada lemak di hati (fatty liver) dan hal itu membuat saya tak bisa melakukan donor untuk dia," ungkap Bambang.

Selanjutnya :

Sang Ibu Mendonorkan Hatinya untuk Kenzie

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya

Jangan Lewatkan