Ocehan Bayi Jadi Momen Penting Si Kecil Belajar Bicara

Anak akan lebih fokus dan berusaha mengerti sekelilingnya.

Mutia Nugraheni
| 4 Mei 2021 14:03

Menyerap Informasi

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang tujuan bayi mengoceh, Elmlinger dan timnya mengamati 30 pasangan bayi dan ibu di ruang bermain selama dua kali selama 30 menit, dua hari berturut-turut. Para bayi berusia sembilan dan 10 bulan bebas beraktivitas dan bermain dengan mainan dan poster hewan, yang ada di dalam ruangan, dan ucapan mereka direkam dengan mikrofon nirkabel tersembunyi.

Para ibu juga memiliki mikrofon dan sesi direkam dalam video. Peneliti mengukur sintaksis dan kosakata orangtua, serta perubahan cara bayi mengoceh dari hari pertama hingga kedua.

Data menunjukkan bahwa ketika bayi mengoceh, ibu cenderung merespons dengan kata-kata yang tidak terlalu rumit, lebih banyak kalimat satu kata, dan kata-kata yang lebih pendek. Semakin banyak orangtua melakukan ini, semakin cepat bayi mengambil suara ucapan baru selama sesi bermain kedua. Hasilnya juga menunjukkan bahwa ucapan satu kata mungkin memiliki dampak terbesar pada bayi dan kemampuan mereka untuk belajar bahasa.

“Mengoceh adalah katalisator sosial bagi bayi untuk mendapatkan informasi dari orang dewasa di sekitar mereka,” kata Elmlinger.

Selanjutnya :

Perhatikan Ubun-ubun Bayi, Kenali Tandanya Jika Tak Normal

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan