Nyeri Panggul Saat Hamil Besar Bisa Jadi Tanda Positif

Beberapa keluhan yang dialami bisa karena janin sudah masuk panggul.

Mutia Nugraheni
| 10 November 2021 10:05

Dream - Memasuki trimester ketiga kehamilan, perut akan semakin besar karena berat janin bertambah. Bagi ibu hamil, kondisi ini memicu sederet keluhan, seperti sesak napas, ngilu saat berjalan, selalu ingin buang air kecil dan nyeri di panggul.

Keluhan tersebut memang cukup umum dialami para ibu hamil. Banyak yang tak menyangka kalau keluhan tersebut sebenarnya pertanda baik. Artinya, janin sudah masuk panggul dan persalinan sudah semakin dekat.

Berikut kondisi khas yang dialami ibu saat janin sudah masuk panggul. Ibu harus siap-siap menjalani persalinan jika mengalami hal berikut di usia kehamilan 36 minggu ke atas.

1. Perut Tampak Semakin Turun
Turunnya posisi kepala bayi ke area panggul dapat membuat perut ibu semakin turun. Agar kondisi tersebut lebih mudah dideteksi, ibu hamil bisa memotret diri sendiri dengan menghadap ke samping.

2. Sudah Tidak Terasa Sesak
Berkurangnya rasa sesak pada ibu hamil menjadi salah satu tanda bayi sudah masuk panggul. Posisi janin yang sudah turun akan membuat tekanan pada diafragma semakin berkurang. Lambung juga tidak lagi tertekan dan bumil jadi bernapas lebih lega. Pasalnya, memasuki trimester ketiga ibu hamil akan mengalami napas pendek karena tekanan perut yang semakin besar.

 

Selanjutnya :

Keluar Lendir dan Nyeri

BERANI BERUBAH: Kostum Robot dari Hobi Jadi Rezeki - Berani Berubah

Jangan Lewatkan