Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Muncul Gejala Flu Saat Menyusui, Amankah Konsumsi Obat?

Muncul Gejala Flu Saat Menyusui, Amankah Konsumsi Obat? Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Para ibu baru cenderung kurang tidur dan sangat mudah mengalami keluhan tak enak badan. Hal ini karena kerap terbangun di malam hari untuk menyusui. Belum lagi kurang hormon yang belum stabil dan masih dalam pemulihan pascara persalinan.

Untuk itu ibu kerap mengalami keluhan seperti batuk, pilek, sakit kepala bahkan demam. Selama hamil ibu tak boleh minum obat sembarangan karena bisa berdampak buruk pada janin. Lalu bagaimana saat menyusui?

Dikutip dari Today Parents, sebenarnya obat flu yang banyak di pasaran, aman dikonsumsi ibu menyusui. Ingat, bukan obat resep atau obat yang berlogo K dengan lingkaran merah dan hitam, karena termasuk obat keras.

Sebelum minum obat, langkah pertama adalah mencari tahu apakah sedang pilek atau flu. Flu bisa meningkat menjadi kondisi yang lebih serius, seperti pneumonia, terutama jika baru saja melahirkan. Itulah mengapa penting untuk mendapatkan vaksinasi flu sebelum hamil.

Untuk keluhan ringan tanpa demam, ibu sebaiknya makan makanan kaya protein, perbanyak makan buah dan minum air putih. Pakai masker jika dekat bayi agar si kecil tak tertular.

 

Amankah mengonsumsi asetaminofen saat menyusui?

Acetaminophen, obat yang ditemukan di Tylenol, aman untuk ibu menyusui. Sejumlah kecil obat memang masuk ke dalam ASI, tetapi itu tidak cukup untuk memengaruhi bayi, dan tidak memengaruhi suplai ASI.

Berhati-hatilah saat menggunakan Tylenol saat Anda juga mengonsumsi obat flu lain, karena dosisnya menjadi tinggi. Akan lebih jika konsultasi dulu dengan dokter atau apoteker.

 

Bolehkah mengonsumsi antihistamin dan dekongestan saat menyusui?

Antihistamin aman untuk wanita menyusui, kata Shawna Lamond, direktur dan staf dokter di The Alex Breastfeeding Clinic dan Riley Park Lactation in Clinic di Calgary. Dia menjelaskan bahwa obat tersebut sering diresepkan untuk mengatasi ruam dan masalah lain setelah melahirkan.

“Tapi obat apa pun yang akan mengeringkan [hidung] akan mengeringkan semuanya. Konsumsi antihistamin bisa menurunkan produksi ASI," ungkap Lamond.

Jika khawatir produksi ASI menurun sebaiknya hindari obat dengan dua bahan aktif tersebut. Biasanya terdapat pada obat pereda hidung pilek. Hindari juga minum obat batuk sirup saat menyusui.

Alasannya karena ada tiga bahan aktif yang ditemukan dalam sirup obat batuk. Pseudophedrine adalah salah satunya, yang berdampak pada penurunan suplai ASI. Bahan kedua, dekstrometorfan, tidak berdampak pada ASI tapi juga tidak terlalu efektif. Dan yang ketiga, kodein, tidak efektif dan pada beberapa kasus bisa berbahaya bagi bayi.

Menstruasi Saat Menyusui, Produksi ASI Bisa Menurun Drastis

Dream - Bagi ibu yang menyusui secara rutin, baik menyusui langsung atau pun memerahnya dan diberikan pada bayi satu hal yang kerap terjadi adalah menstruasi jadi tak teratur. Ada juga yang tak menstruasi selama beberapa bulan.

Kondisi tersebut sebenarnya normal karena menstruasi biasanya tertunda jika ibu menyusui bayi secara eksklusif, karena perubahan hormonal. Stimulus menyusu pada payudara mengarah pada penurunan hormon luteinizing (LH) dan hormon pelepas gonadotropin (GnRH) yang diproduksi oleh hipotalamus dan kelenjar pituitari. Hormon-hormon ini memainkan peran penting dalam pelepasan sel telur oleh ovarium.

"Bisa juga karena adanya peningkatan kadar hormon prolaktin yang memengaruhi ovarium. Kombinasi dari perubahan hormonal ini menyebabkan penghentian sementara siklus menstruasi," ujar dr Ritika Shah, dkutip dari MomJunction.

 

Produksi ASI Berkurang

Saat ibu menstruasi, sangat aman untuk menyusui. Hanya saja tubuh ibu mengalami sedikit perubahan hormon. Tetaplah menyusui saat menstruasi, terutama jika bayi masih di bawah enam bulan.

Ada sedikit perubahan pada ASI jika ibu menstruasi. Apa saja?

1. Produksi ASI berkurang
Beberapa ibu mengeluhkan penurunan sementara produksi ASI saat menstruasi. Biasanya ini disadari ibu yang memerah ASI dan terlihat jumlahnya saat disimpan dalam botol atau plastik ASI. Ini adalah perubahan sementara dan menjadi normal dalam beberapa hari.

Pastikan saja ibu mengonsumsi makanan kaya protein dan gizi lain. Telur, ikan, daging dan sayuran hijau agar tubuh tetap fit. Menyusui dan menstruasi akan membuat tubuh jadi lebih lemas, asupan bergizi akan membuat ibu tetap fit.

 

Komposisi ASI dan Nyeri

2. Perubahan komposisi ASI
Beberapa peneliti menemukan bahwa selama ovulasi dan menstruasi, jumlah natrium dan klorida meningkat, sedangkan laktosa dan kalium menurun dalam ASI. Hal ini mungkin menyebabkan sedikit perubahan pada rasa ASI.

3. Nyeri pada puting
Perubahan hormonal yang menyertai menstruasi dapat menyebabkan nyeri pada puting. Ini adalah perubahan sementara. Teruslah menyusui daan memerah untuk menghindari saluran ASI tersumbat. Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan atau konsultan laktasi jika nyeri payudara yang parah saat menyusui.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya
Flu Menstruasi,  Istilah yang Lagi Tren Gambarkan Kondisi Tubuh Jelang Datang Bulan

Flu Menstruasi, Istilah yang Lagi Tren Gambarkan Kondisi Tubuh Jelang Datang Bulan

Gejala yang muncul sangat tidak nyaman, tubuh seperti terserang flu mendadak.

Baca Selengkapnya
Alami Gastroenteritis atau Flu Perut? Ada Asupan yang Bisa Bantu Redakan Gejalanya

Alami Gastroenteritis atau Flu Perut? Ada Asupan yang Bisa Bantu Redakan Gejalanya

Gejala flu perut biasanya meliputi mual, muntah, diare, kram, dan nyeri.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
Proses Penularan Virus Flu Bisa Sangat Cepat, Pakai Masker Adalah Kunci

Proses Penularan Virus Flu Bisa Sangat Cepat, Pakai Masker Adalah Kunci

Flu kembali menyerang banyak orang. Proses penyembuhannya pun memakan waktu cukup lama. Cari tahu proses penularan virus dan cara mencegahnya.

Baca Selengkapnya
Faktor Usia, Penyebab Utama Tubuh Lebih Mudah Terserang Flu

Faktor Usia, Penyebab Utama Tubuh Lebih Mudah Terserang Flu

Bukan hanya faktor usia, ketahui alasan lain sering terserang flu serta bagaimana cara mencegahnya menurut ahli.

Baca Selengkapnya
Campur Obat dengan Susu Formula Biar Diminum Anak, Boleh Gak Sih? Yuk Cari Tahu

Campur Obat dengan Susu Formula Biar Diminum Anak, Boleh Gak Sih? Yuk Cari Tahu

Rasa pahit dan getir pada obat membuat anak-anak kadang sangat sulit untuk meminumnya.

Baca Selengkapnya
Bukan Demam dan Anosmia, Ini Gejala Covid-19 Sub Varian JN1

Bukan Demam dan Anosmia, Ini Gejala Covid-19 Sub Varian JN1

Varian covid-19 memiliki gejala yang berbeda. Ini menjadi penyebab vaksin lama tidak efektif digunakan kembali.

Baca Selengkapnya
Siapkan Tubuh Biar Fit Saat Mudik, Cek Kesehatan dan Konsumsi Vitamin

Siapkan Tubuh Biar Fit Saat Mudik, Cek Kesehatan dan Konsumsi Vitamin

Perjalanan mudik bisa dibilang sangat melelahkan, apalagi jika jaraknya sangat jauh. Pastikan tubuh selalu fit.

Baca Selengkapnya