Muncul Bercak Darah Bisa Jadi Tanda Kehamilan

Flek yang muncul merupakan pertanda implantansi embrio pada dinding rahim.

Mutia Nugraheni
| 29 Maret 2018 14:02

Dream - Sedang berusaha mendapatkan buah hati? Jika usaha sudah dilakukan dan merasa ada yang aneh dengan perubahan tubuh, jangan panik jika muncul bercak darah yang keluar dari organ intim. Bisa jadi kondisi tersebut menandakan implantasi kehamilan.

Munculnya bercak darah pada beberapa kasus kehamilan, memang kerap terjadi. Hal ini sebenarnya bukan pertanda buruk, tapi pertanda sedang terjadi proses implantansi embrio dalam rahim.

" Biasanya kondisi ini terjadi pada tahap awal kehamilan. Di saat-saat sel telur yang telah dibuahi atau disebut embrio tertanam di dinding rahim," ujar Lauren Barlog, Asisten Profesor Departemen Obstetri, dan Ginekologi, dari Rutgers NJ Medical School, seperti dikutip dari Parents.

Laura mengungkap kalau munculnya bercak darah bisa terjadi 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Pendarahan implantasi bisa terjadi satu atau dua hari. Terkadang munculnya berupa bercak-bercak kecil, hinga tidak disadari.

Perlu diketahui bahwa flek implantasi ini tidak terjadi pada semua ibu hamil. Bukan berarti juga implantasi tidak terjadi ketika tidak muncul flek tersebut. Untuk memastikannya memang harus dilakukan pemeriksaan medis yang komprehensif.

Menurut Zev Williams, Kepala Divisi Endokrinologi Reproduksi dan Infertilitas Pusat Kesehatan Universitas Columbia, bercak darah bisa dijadikan bagian dari sebuah diagnosis medis. Diagnosis ini akan berubah menjadi fakta ketika tes kehamilan muncul tanda positif.

“ Jika bercak yang keluar tampak berbeda, muncul jerawat pada wajah, dan hanya berlangsung satu atau dua hari, itu bukanlah haid. Tunggulah seminggu setelah bercak keluar, lalu lakukan tes kehamilan," ungkap Williams.

Memeriksakan diri ke dokter kandungan jadi hal yang paling tepat untuk memastikan kondisi tubuh. Lakukan juga pemeriksaan jika muncul flek hingga beberapa bulan, karena mungkin saja ada masalah medis di organ reproduksi.

Laporan Dina Nazhifah

POSH (INSIGHTFUL & MOTIVATION SESSION)

Jangan Lewatkan