Muncul Bau Mulut Saat Hamil, Ternyata Ini Sebabnya

Beberapa ibu hamil mengeluhkan mulut jadi berbau tak sedap.

Mutia Nugraheni
| 26 April 2021 12:05

Dream - Bau mulut atau juga dikenal sebagai halitosis, didefinisikan sebagai bau tak sedap yang berasal dari mulut atau rongga berisi udara, seperti hidung, sinus, dan faring. Pada 90% kasus, bau hanya berasal dari rongga mulut dan hal ini sering terjadi pada ibu hamil.

Lalu apakah penyebab bau mulut berhubungan dengan kehamilan? Bau mulut saat hamil biasanya terjadi sebagai akibat dari perubahan hormon yang terjadi pada tubuh.

" Bau tak sedap dari mulut muncul karena senyawa sulfur yang mudah menguap (VSCs), yang utamanya adalah hidrogen sulfida dan metil merkaptan. Banyak bakteri mulut menghasilkan senyawa ini yang menyebabkan bau tak sedap," dr. Ritika Shah, dikutip dari MomJunction.

Ibu hamil bisa mengalami masalah bau mulut lebih sering, karena kondisi hormon. Peningkatan hormon kehamilan dalam tubuh dapat membuat mulut menjadi tempat berkembang biak yang ideal untuk plak.

" Peningkatan kadar estrogen dan progesteron dapat memperburuk respons gusi terhadap plak dan menyebabkan radang gusi atau gusi yang meradang. Gusi bengkak memiliki kantong di mana makanan bersarang dan menyebabkan bau tak sedap," ujar dr. Ritika.

 

Selanjutnya :

Mual dan Muntah

Ini Layanan Internet 5G Pertama di Indonesia

Jangan Lewatkan