Mulailah Cek Mata Anak Sejak Balita

Masalah penglihatan pada anak bisa berpengaruh pada prestasinya di sekolah.

Mutia Nugraheni
| 31 Oktober 2018 12:13

Dream - Kondisi kesehatan mata anak seringkali terabaikan. Pemeriksaan khusus dengan dokter mata cenderung baru dilakukan ketika mata anak mengalami masalah. Sebenarnya, anak juga perlu melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

Dokter Rina La Distia, seorang spesialis mata di RS Cipto Mangunkusumo, mengungkap sebagai langkah pencegah anak bisa mulai periksa mata di usia 6 bulan.

" Bisa juga di usia balita sekitar 2 atau 3 tahun, periksakan lagi jelang anak masuk sekolah dasar," ujar dr. Lina, saat ditemui di Jakarta, 31 Oktober 2018.

Kebiasaan menggunakan gadget, menonton televisi, genetik, memaksa melihat di cahaya redup, paparan sinar yang terlalu terang, bisa memicu masalah penglihatan pada anak.

" Untuk anak-anak, perlu pencahayaan yang baik terutama saat membaca dan belajar. Selain itu, ajak anak untuk melakukan kegiatan luar 40 menit - 2 jam untuk mencegah rabun jauh," ujar dr. Rina.

Masalah penglihatan pada anak bisa berpengaruh pada prestasinya di sekolah. Tak hanya itu, mereka juga bisa mengalami krisis kepercayaan diri.

Jadi mulai sekarang batasi penggunaan gadget pada anak. Pastikan pencahayaan di ruang belajar anak cukup terang dan tidak redup. Hal yang juga sangat penting adalah melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

Laporan Mega Rasmiyati

Finding Beauty by Natural Honey Episode 1 (Web Series)

Jangan Lewatkan