Menu Paling Tepat untuk Bayi yang Baru Belajar Makan

Teksturnya diberikan secara bertahap. Awalnya encer lama kelamaan buat lebih kental.

Mutia Nugraheni
| 16 Agustus 2018 12:12

Dream - Memasuki usia 6 bulan, para bayi membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi. Air susu ibu (ASI) tak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Organ pencernaannya pun sudah semakin matang dan siap menerima makanan lain.

Untuk makanan pendamping ASI (MPASI) pertama, banyak sekali pilihannya. Mulai dari buah, tepung beras, dan bubur. Namun untuk mengenalkannya selama satu minggu pertama, bisa diberikan bubur nasi atau tepung beras.

" MPASI terbaik pada umumnya bubur dan tepung beras. Di awal MPASI, ibu bisa berikan bubur dan tepung beras 1 kali sehari," kata dokter spesialis anak konsultan, Ariani Dewi Widodo beberapa waktu lalu di Jakarta.

Pemberian bubur dan tepung beras tahap pertama dalam tekstur encer. Hindari pemberian MPASI pertama yang langsung bertekstur kental. Menu MPASI yang diberikan kian meningkat, baik dari tekstur dan jumlah porsi makan. Dalam beberapa minggu, bayi bisa diberi makan dua kali sehari dan encer.

" Lama-lama (bubur instan dan tepung beras) kental. Ini biar usus bayi beradaptasi dengan tekstur makanan," Ariani menambahkan.

Makanan mengandung protein hewani, vitamin, dan mineral yang juga harus diberikan. Menu MPASI pun sebaiknya kaya zat besi, zinc, dan vitamin A. Sumber zat besi yang utama adalah daging merah dan sayuran.

Setelah hanya satu jenis bahan makanan, kemudian dikenalkan dengan dua jenis makanan yang diolah menjadi satu. Seperti bubur nasi dengan ikan atau tahu. Jangan lupa, tambahkan sayuran. Bisa juga memberikan sayuran kukus sebagai camilan di antara jam makan.

Sumber: Fitri Haryanti Harsono/ Liputan6.com

Kontroversi Setya Novanto Selama Jadi Terpidana Korupsi

Jangan Lewatkan