Menguak Kunci Hidup Sehat Anak-anak Jepang

Penasaran kebiasaan sehari-hari mereka?

Mutia Nugraheni
| 14 Maret 2019 10:08

Dream - Kasus obesitas dan diabetes pada anak jumlahnya terus meningkat di berbagai negara di dunia. Sementara Jepang, memiliki kasus yang paling rendah.

Para ahli kesehatan meyakini hal tersebut karena gaya hidup anak-anak Jepang yang memang sangat sehat sejak kecil.

Seperti apa kebiasaan sehari-anak di Jepang? 

1. Makan makanan bergizi rendah kalori
Menu makanan Jepang terkenal sangat efisien dan memiliki nutrisi berkualitas tinggi. Rumput laut, sushi, tahu dan berbagai makanan kaya protein. Mereka juga tak terlalu suka makanan olahan. Sayur, daging tipis tanpa lemak dan ikan laut adalah menu favorit masyarakat Jepang.

2. Makan bersama
Ahli gizi Tomomi Takahashi dari Kaji Sakura Nursery School di Hokkaido, memiliki saran yang bagus untuk semua orang tua. Ia menekankan pentingnya makan bersama.

“ Bahkan ketika sedang sibuk, tetapkan waktu makan tertentu sehingga Anda dapat duduk dan makan bersama anak setidaknya sekali sehari. Rasakan makan penuh kegembiraan dan kehangatan,” katanya, seperti dikutip dari Reader Digest.

3. Porsi cukup
Porsi makan sangat memegang peranan pada berat badan. Warga Jepang tak suka menggunakan piring besar untuk makan. Mereka menaruh nasi pulen yang kaya serat dalam mangkuk kecil. Takaran makannya pun tidak terlalu banyak tapi mengenyangkan. Hal ini karena menu makanan mereka sangat kaya serat dan protein.

4. Aktif secara fisik
Sulit untuk menjauhkan anak-anak dari video game dan godaan teknologi lainnya, tetapi mereka benar-benar membutuhkan minimal 60 menit aktivitas fisik intensitas sedang per hari. Kuncinya adalah membuatnya menyenangkan! Coba jalan-jalan ke sekolah bersama-sama atau bangun tepat waktu untuk bermain di taman lalu berlarian.

Laporan Tri Yuniwati Lestari

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim

Jangan Lewatkan