Menguak Kualitas Sel Sperma Berdasarkan Usia

Ternyata banyak faktor yang memengaruhi kualitas sel sperma.

Mutia Nugraheni
| 4 Januari 2022 12:03

Jaga Suhu

Banyak faktor yang memengaruhi jumlah sperma seorang pria. Antara lain porsi makanan yang dikonsumsi, jumlah alkohol yang diminum. Termasuk kebiasaan berendam air hangat.

"Apakah Anda menikmati jacuzzi atau tidak atau menyimpan ponsel di saku depan. Stres juga berperan secara keseluruhan, kadar kortisol meningkat, tidur jadi tidak ideal. Ini akan memperburuk kondisi sperma," ungkap dr Mehran.

Untuk itu bagi pria yang sedang menjalani program hamil, penting untuk mengubah kebiasaan sehari-hari jadi lebih sehat. Hal pertama yang penting diketahui adalah sperma sangat sensitif terhadap panas.

“Testis hidup di tempat yang dua derajat lebih dingin dari bagian tubuh yang lain. Jacuzzi, hot tub, sauna - semuanya buruk bagi sperma, termasuk pakaian dalam yang ketat," pesan dr. Mehran.

Hindari berada di situasi yang membuat skrotum 'terperangkap' dan sel sperma kepanasan. Setelah itu, lakukan olahraga teratur, bisa melakukan latihan beban, squat, deadlift, dan latihan seluruh tubuh seperti burpe yang bisa meningkatkan kekuatan serta kadar testosteron.

Potret Rumah Orangtua Gisella Anastasia di Cimahi

Jangan Lewatkan