Menguak Arti Warna Darah Saat Datang Bulan

Kondisi darah yang keluar saat menstruasi ini sebenarnya bisa jadi indikasi kesehatan reproduksi.

Mutia Nugraheni
| 1 April 2018 12:31

Dream - Masa-masa menstruasi kadang terasa sangat menyiksa. Terutama jika rasa kram perut terjadi lebih intensif dan dalam waktu lama. Belum lagi disertai sakit kepala, mudah lelah dan darah begitu banyak keluar.

Kondisi darah yang keluar saat menstruasi ini sebenarnya bisa menunjukkan kesehatan reproduksi. Hal ini diungkapkan oleh Gayatri Deshpande, seorang dokter spesialis kandungan dari Nanavati Super Speciality Hospital, Mumbai, India.

" Darah menstruasi bisa memberi petunjuk soal kesehatannya. Jika ada perubahan dalam pola menstruasi, seperti aliran darah atau ada rasa nyeri tak tertahankan hingga harus terbaring di tempat tidur, ini harus dianggap serius," kata Gayatri seperti dikutip dari The Health Site.

Warna darah menstruasi tak selalu merah. Kadang kecokelatan atau hanya berupa flek. Yuk, cari tahu arti warna darah menstruasi yang bisa jadi indikasi kesehatan.

- Merah darah
Darah menstruasi biasanya berwarna merah gelap. Ketika berwarna merah darah ini biasanya menstruasi baru saja dimulai. Rahim berfungsi dengan baik untuk memastikan siklus menstruasi Anda tetap normal. Namun, warna darah menstruasi dapat berubah saat Anda memasuki periode akhir menstruasi.

- Kecokelatan
Jika darah menstruasi merah kecokelatan, tak perlu khawatir. Ini mungkin karena masa menstruasi yang datang terlambat dan aliran darah menjadi berat. Jika warna merah kecokelatan terjadi di pertengahan masa menstruasi, ini bisa menjadi indikasi akan mendekati akhir menstruasi.

- Merah terang
Beberapa wanita yang punya masa menstruasi pendek, mungkin darah menstruasi berwarna merah terang. Jika aliran menstruasi lancar, lalu tiba-tiba melihat darah berubah dari cokelat kemerahan atau merah darah menjadi warna merah terang. Segera periksakan diri. Bisa jadi pertanda infeksi atau gangguan kesehatan lain.

Beberapa penyebab perubahan warna darah bisa disebabkan penggunaan pil KB atau ketidakseimbangan hormon.

Sumber: Fitri Haryanti Harsono/ Liputan6.com

Streaming Potret 2 Jam Tangan Pemberian Suami Maia Estianty Untuk Alwi

Jangan Lewatkan