Mengerikan, Aborsi Ilegal Bisa Merusak Rahim

Kesehatan rahim dan nyawa wanita yang melakukan prosedur ini bisa terancam.

Mutia Nugraheni
| 24 Februari 2020 10:03

Dream - Pada beberapa kondisi, bisa karena kesehatan ibu atau janin, aborsi terpaksa jadi pilihan. Dokter bakal memiliki pertimbangan medis yang matang sebelum melakukan prosedur tersebut.

Tentunya hal ini juga harus melalui persetujuan orangtua si janin. Aborsi pun harus dilakukan secara aman dan melalui prosedur yang sesuai etika kedokteran. Pada beberapa kondisi, banyak kasus aborsi dilakukan secara ilegal.

Dilakukan di klinik yang tak memiliki izin, bahkan tak punya indikasi medis. Dikutip dari KlikDokter, perlu diketahui sebenarnya aborsi tidak selalu menjadi hal yang ilegal bila ada indikasi medis di dalamnya.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati, kehamilan dengan gangguan tertentu dapat sangat berbahaya dan mengancam nyawa sang ibu. Bila kondisinya seperti ini, mengakhiri kehamilan atau aborsi akhirnya menjadi jalan keluar. Namun, hal ini tetap harus dilakukan oleh dokter dan tenaga medis tepercaya.

Tindakan aborsi tentu akan sangat berbahaya jika dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab. Kesehatan rahim dan nyawa wanita yang melakukan prosedur ini pun bisa terancam.

Aborsi ilegal yang cukup sering ditemui yaitu meminum obat atau pil jamu (herbal) yang belum tentu aman, atau obat yang memang diciptakan untuk mempercepat kontraksi persalinan namun pemakaiannya disalahgunakan.

Efeknya sangat mengerikan. Apa saja?

 

Selanjutnya :

Perdarahan Hebat

Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting

Jangan Lewatkan