Mengenal Flu Perut yang Bisa Membuat Anak Dehidrasi

Diare disertai muntah ini memang sangat membuat panik orangtua.

Mutia Nugraheni
| 30 Juli 2018 19:44

Dream - Salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi pada anak-anak di bawah usia lima tahun adalah diare disertai muntah. Kondisi ini juga sering disebut 'flu perut' dan sangat menular.

Orang dewasa bahkan juga bisa dengan mudah tertular 'flu perut' dari anak. Kondisi tersebut sebenarnya dipicu oleh virus seperti rotavirus adenovirus dan echovirus.

" Bisa juga disebabkan berbagai macam virus sehingga membuat anak menjadi mual, muntah berkali-kali dan diare," ungkap Barbara Frankowski, MD, profesor pediatrik di Vermont Children’s Hospital di Burlington, Amerika Serikat.

Diare disertai muntah ini memang sangat membuat panik orangtua. Apalagi biasanya anak tak mau makan sama sekali hingga tubuhnya lemas. Namun menurut Frankowski, kondisi ini biasanya tak mengkhawatirkan karena akan mereda sendiri selama 3 hingga 5 hari.

" Ada anak yang hanya muntah atau diare, namun ada juga yang mengalami keduanya dan disertai peningkatan suhu tubuh. Untuk menjaganya agar tak mengalami dehidrasi, pastikan untuk memberinya cukup cairan," kata Frankowski.

Pada anak-anak yang mengalami 'flu perut' bisa diberikan cairan elektrolit agar tak dehidrasi. Segera konsultasi dengan dokter jika muntah dan diare terjadi pada bayi di bawah usia satu tahun lebih dari dua hari.

" Periksakan juga segera jika dalam kotoran anak terdapat bercak darah dan gejala tak kunjung berhenti selama 3 hari justru semakin parah," ungkap Frankowski.

Sumber: Baby Center

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan