Mengenal BLW, Cara Mudah Memberi Makan Bayi

Membiarkan anak mulai belajar beragam tekstur sejak usia dini membuat mereka jadi lebih berani.

Mutia Nugraheni
| 8 Mei 2017 14:09

Dream - Bagi Anda yang sudah memiliki bayi berusia 6 bulan pasti sudah siap-siap dengan segala alat makan dan perlengkapan memasak. Bahkan ada yang sudah menyiapkan daftar menu secara detail.

Dalam pemberian makanan untuk bayi ini, cara 'klasik' yang sering dilakukan adalah menyuapi bayi dengan sendok atau tangan. Sementara bayi duduk diam di kursi makan atau dalam gendongan. Sebenarnya ada cara lain yang direkomendasikan untuk memberi makan pada bayi, yaitu baby-led weaning (BLW).

Pendekatan ini membuat bayi makan sendiri tanpa perlu disuapi. Caranya, dengan memotong makanan seukuran genggaman bayi dan menyajikannya. Lalu membiarkan bayi mengambil makanan tersebut sendiri untuk kemudian memasukkannya ke dalam mulut.

" Ketika sejak awal bayi dilatih makan sendiri, sebenarnya membentuk dia untuk mengenali rasa lapar, kenyang dan mengatur kebutuhan asupan makanannya. Makan saat lapar dan berhenti saat kenyang. Membiarkan anak mulai belajar beragam tekstur sejak usia dini membuat mereka jadi lebih berani mencoba makanan baru dan mengurangi risiko anak jadi picky eater," ujar Leslie Schilling, ahli gizi dan penulis buku Born to Eat: Whole Healthy Food From Baby's First Bite.

BLW ini sebenarnya cukup sederhana. Menyajikan makanan yang sama dengan yang dimakan seluruh anggota keluarga. Tapi disajikan dengan olahan yang 'ramah' bagi bayi. Misalnya, makan wortel atau avokad. Kukus keduanya hingga agak lunak, potong ukuran sedang dan sajikan langsung di depan si kecil

Biarkan dia mengambilnya sendiri. Anda bisa memulai dengan menu makanan seperti avokad, kentang, telur dan wortel. Pada awalnya mungkin si bayi akan kaget dan kesulitan, tapi jangan langsung dihentikan.

Biarkan ia belajar mengunyah dan Anda harus sabar dengan kondisi super berantakan setelahnya. Targetkan waktu selama 20 menit. Setelah lebih dari waktu tersebut bereskan makanan Lalu coba lagi untuk menu makan siang dan makan malam. Selamat mencoba!

 

Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik

Jangan Lewatkan