Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mendapat Kritikan Keras, 'Instagram Kids' Ditangguhkan

Mendapat Kritikan Keras, 'Instagram Kids' Ditangguhkan Ilustrasi

Dream - Pihak Facebook beberapa waktu lalu sempat ingin mengembangkan aplikasi "Instagram Kids". Berupa Instagram yang lebih aman bagi anak dan bisa digunakan oleh anak di bawah usia 13 tahun.

Hal ini menuai banyak kritikan, terutama dari para orangtua. Pada Mei 2021 lalu lebih dari 40 jaksa di Amerika Serikat mengirimkan surat terbuka kepada CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Surat tersebut meminta tim Facebook untuk menghentikan rencana mereka membuat aplikasi "Instagram Kids", hal ini karena sebelumnya Facebook memiliki masalah keamanan di internet yang belum terselesaikan dengan baik.

Rupanya hal tersebut berdampak pada kebijakan Facebook yang kini jadi pemilik resmi Instagram. Facebook baru saja mengumumkan untuk menangguhkan pengembangan aplikasi "Instagram Kids" sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Adam Mosseri, Head of Instagram, dalam unggahan di blognya mengungkap kalau ide "Instagram Kids" memang telah ditangguhkan. Menurut Mosseri, bukan dihentikan sama sekali, tapi tetap mengembangkan platform Instagram khusus untuk anak-anak sambil mempelajari kritikan yang muncul.

 

Selalu Ada Celah Keamanan

Rencananya, Instagram Kids dibuat untuk anak-anak di bawah 13 tahun, tanpa iklan dan dengan fitur keamanan tertentu. Menurut sebagian besar pakar keamanan internet, anak-anak sebenarnya tak butuh media sosial.

Kontrol keamanan memang terdengar bagus dan ideal, tapi kenyataan dari banyak media sosial yang ada dengan fitur tersebut selalu ada celah yang memberikan dampak buruk bagi anak. Baik soal kebocoran keamanan, pelanggaran privasi, termasuk bullying, kekerasan dan pornografi

Para pakar juga mengingatkan, tidak ada platform internet yang sepenuhnya aman bagi anak. Internet teraman adalah yang dijelajahi anak-anak dengan orangtua yang fokus mendampinginya.

Setuju, Sahabat Dream?

Sumber: Fatherly

Saat Media Sosial Bikin Kepercayaan Diri Anak 'Terjun Bebas'

Dream - Media sosial (medsos) makin eksis dan terus bermunculan. Facebook, Instagram, Twitter, TikTok dan masih banyak lagi. Anak dan remaja saat ini sudah sangat akrab dengan berbagai medsos tersebut.

Tak dipungkiri, pergaulan, komunikasi, dan pengaruh media sosial begitu kuat pada anak-anak, bahkan orang dewasa. Sebagai orangtua kita harus waspada dan memberikan bekal yang cukup pada anak agar kehidupannya tak banyak dipengaruhi media sosial.

Mengapa? Tanpa disadari, media sosial membuat banyak anak jadi tak percaya diri. Melihat kesempurnaan, foto indah dan kehidupan yang selalu baik di medsos.

"Sebagai psikiater anak yang menangani anak-anak dan remaja, saya telah melihat dampak penggunaan media sosial. Karena kebanyakan orang hanya menampilkan 'diri terbaik' mereka secara online, bagi anak-anak dapat melihat bahwa setiap orang memiliki kehidupan yang sempurna kecuali mereka," ujar Sean Paul, seorang psikiater dan pendiri NowPsych serta Internet Addiction Center.

Cukup sulit untuk menjelaskan kepada anak bahwa apa yang mereka lihat secara online bukanlah gambaran yang utuh. "Saya menciptakan istilah 'ketidakrataan visual' dan 'ketidaknyamanan pengalaman' untuk berbagai cara demi mewujudkannya," ujar Paul.

 

Bukan Realitas

Ketidakrataan visual terjadi ketika foto yang diposting online diubah, dimodifikasi, dan bahkan dibuat-buat. Anak remaja mungkin melihat foto teman atau influencer yang menunjukkan penampilan fisik, tipe tubuh, atau lokasi yang mungkin tidak realistis atau bahkan tidak nyata sama sekali.

"Dengan teknologi pengeditan foto modern, siapa pun dapat terlihat seperti apa saja, di mana saja. Teman mereka dengan apa yang mereka anggap sebagai yang 'sempurna' mungkin menggunakan perangkat lunak dan teknik lain untuk menyempurnakan penampilan mereka dalam foto," ungkap Paul.

Realitas menurut Paul, dapat terdistorsi secara luas secara online, dan kita perlu memberi tahu anak-anak kita bahwa mereka seharusnya tidak menerima semua yang mereka lihat secara online sebagai sesuatu yang nyata.

"Saya telah melihat secara langsung bagaimana memiliki ekspektasi yang tidak realistis tentang bagaimana berpenampilan, atau di mana harus berada, dapat menyebabkan banyak masalah, seperti gangguan makan, depresi, dan kecemasan sosial," kata Paul.

 

Penting Dilakukan Orangtua

Apa yang harus dilakukan orangtua agar anak tak percaya begitu saja dan membuatnya tak percaya diri? Selalu buat diskusi terbuka tentang apa yang dilihat anak di media sosial.

"Mereka perlu tahu bahwa mereka tidak sendirian dalam merasa sedih atau tidak mampu atau bahkan terkadang cemburu. Ini adalah emosi yang normal dan buat mereka merasa nyaman karena tidak tampil sempurna," ujar Paul.

Bisa dengan membaca artikel soal medsos bersama, melakukan editing foto atau gambar yang hasilnya jadi sempurna. Hal itulah yang diunggah dan membuat anak jadi lebih mengerti. Kuncinya adalah menjelaskan secara detail dengan bahasa mereka.

Sumber: Pedimom

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Riset Ungkap Orang Kaya atau Miskin Dapat Terlihat dari Wajah

Riset Ungkap Orang Kaya atau Miskin Dapat Terlihat dari Wajah

CEO Facebook Mark Zuckerberg dan CEO Amazon Jess Bezos, memiliki beberapa bentuk wajah yang disebutkan dalam penelitian tersebut

Baca Selengkapnya
Mark Zuckeberg Kasih Nilai Sempurna Tempat Makan Ini di Jepang, Kritikan Bermunculan

Mark Zuckeberg Kasih Nilai Sempurna Tempat Makan Ini di Jepang, Kritikan Bermunculan

Selama beberapa pekan terakhir, pendiri Facebook ini sedang berlibur di Jepang bersama sang istri, Priscillah Chan.

Baca Selengkapnya
Ini Alasan Ammar Zoni Jual Akun Instagramnya Seharga Rp2 Miliar

Ini Alasan Ammar Zoni Jual Akun Instagramnya Seharga Rp2 Miliar

Ammar ZOni menjual akun instagramnya dibuka dengan harga Rp2 Miliar

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Deretan Seleb yang Jadi ‘Korban’ Kamera Wartawan, Beda Banget dengan Postingan Instagram!

Deretan Seleb yang Jadi ‘Korban’ Kamera Wartawan, Beda Banget dengan Postingan Instagram!

Meski begitu banyak juga dari mereka yang menanggapi hal itu sebagai hal yang biasa

Baca Selengkapnya
Ganjar Curhat Banyak Akun Asing Serbu Komentar Negatif di Facebooknya: Ini Fenomena Apa?

Ganjar Curhat Banyak Akun Asing Serbu Komentar Negatif di Facebooknya: Ini Fenomena Apa?

Ganjar Curhat Banyak Akun Asing Serbu Komentar Negatif di Facebooknya: Ini Fenomena Apa?

Baca Selengkapnya
10 Akun Instagram dengan Follower Terbanyak Sejagat, Posisi Puncaknya Bukan Artis atau Atlet!

10 Akun Instagram dengan Follower Terbanyak Sejagat, Posisi Puncaknya Bukan Artis atau Atlet!

Siapa lebih banyak followernya antara selebriti atau atlet? Yang pasti pemuncaknya bukan dari pesohor dari kedua bidang itu.

Baca Selengkapnya