Memberikan ASI Bisa Cegah Kematian Ibu, Kok bisa?

Tak hanya bermanfaat bagi bayi, memberikan ASI juga berdampak besar bagi kesehatan ibu.

Cynthia Amanda Male
| 8 Agustus 2019 12:02

Dream - Pemberian Air susu ibu (ASI) secara eksklusif terus digalakkan oleh berbagai pihak. ASI merupakan nutrisi paling baik dan lengkap bagi bayi, yang akan sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Tak hanya bermanfaat bagi bayi, memberikan ASI juga berdampak besar bagi kesehatan ibu. Hal ini diungkapkan Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dalam acara Peringatan Pekan ASI Sedunia Tahun 2019 bertema “ Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui”"

" Banyak hormon yang dikeluarkan saat menyusui. Salah satunya adalah oksitosin yang berfungsi mengembalikan fungsi organ agar kembali normal setelah melahirkan dan mencegah perdarahan," kata Nila di Gedung Sujudi, Jakarta Selatan, Rabu 7 Agustus 2019.

Pemberian ASI menurut Nila juga dapat mencegah kematian ibu akibat perdarahan maupun infeksi. Selain itu, oksitosin yang dihasilkan saat menyusui bisa meningkatkan rasa senang dan bahagia. Hal ini tentu saja sangat baik bagi ibu untuk meredakan stres dan menjaga kesehatan mentalnya.

" Menyusui itu suatu kebahagiaan. Kontak fisik ketika menyusui bisa membuat ibu bahagia dan ASInya lancar," ungkap Nila

Manfaat tersebut bisa meningkat jika ada dukungan dari kepala keluarga. Perhatian yang diberikan oleh suami dapat membuat ibu semakin rileks dan proses menyusui jadi berjalan lebih lancar. Bukan bisa memberikan ASI sampai bayi berusia 6 bulan tapi hingga 2 tahun

" Peran ayah menjadi sangat penting untuk memberi perhatian pada ibu agar bahagia dan air susunya lancar dan bisa menjadikan anak lebih berprestasi," pesan Nila.

Selanjutnya :

Makanan Super bagi Ibu Menyusui, Dijamin ASI Lancar

Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah

Jangan Lewatkan