Mata Anak Minus? Ingatkan untuk Pakai Kacamata

Lakukan juga pemeriksaan rutin ke dokter mata.

Cynthia Amanda Male
| 14 Maret 2019 14:05

Dream - Minus pada mata anak akan sangat berdampak pada aktivitasnya sehari-hari. Baik itu saat belajar di kelas maupun bermain dengan teman-temannya. Memakai kacamata jadi solusi utama untuk mengatasi masalah ini.

Jika kondisi anak minus, pastikan buah hati selalu memakai kacamata. Jika jarang atau tak memakai kacamata, bisa memicu mata malas atau amblyopia. Yaitu kondisi saat otak cenderung ‘mempekerjakan’ salah satu mata saja. Kondisi minus pun bisa jadi bertambah parah.

" Kalau sering melepas kacamata, mata anak jadi lelah dan malas untuk bekerja normal. Sehingga setiap ada objek yang tidak terlihat, pasti badannya bergerak mendekat atau menjauh. Akibatnya, ukuran kacamata bisa melonjak banget," kata Nashril Ihsan, dokter Spesialis mata di Klinik Utama Mata JEC Bekasi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Anak yang mengalami peningkatan ukuran kacamata yang drastis akibat 'mata malas', masih mungkin untuk terobati. Tapi, pengobatan tersebut sayangnya belum tersedia di dalam negeri.

" Sebenarnya bisa diobati dengan terapi tetes atropine. Tapi belum diterapkan di Indonesia dan masih diteliti di Singapura. Tetes atropine diklaim akan bisa mencegah minus anak supaya tidak berkembang tinggi," ujar Nashril.

Untuk itu ia menyarankan agar anak bermata minus selalu memakai kacamata. Hal yang tak kalah penting adalah memeriksakan secara rutin ke dokter mata.

 

Tutorial Daily Hijab Voal Print Scarf | #OneMinuteWithDream

Jangan Lewatkan