Masukkan Kurma dalam Daftar Camilan Sehat Saat Hamil

Ada sederet keuntungan yang didapatkan jika ibu hamil rutin mengonsumsi kurma. Apa saja?

Mutia
| 10 Desember 2017 12:43

Dream - Kurma sejak zaman Nabi Muhammad SAW dijadikan sumber energi dan nutrisi. Bahkan saat berbuka puasa, disunahkan untuk mengonsumsi kurma. Hal ini karena kadar gula kurma cukup tinggi dan bisa diserap tubuh dengan baik untuk mengembalikan energi.

Zat fruktosa pada kurma memang melepas dengan cepat dalam tubuh. Zat tersebut jadi sumber energi tanpa mengubah kadar gula darah di tubuh. Bukan hanya untuk mereka yang
berpuasa, kurma juga sangat baik untuk dijadikan camilan saat hamil.

Ada sederet keuntungan yang didapatkan jika ibu hamil rutin mengonsumsi kurma. Apa saja?

- Sumber energi
Selama hamil, ibu butuh asupan energi yang lebih. Terutama saat muncul rasa mual dan malas untuk makan. Kurma bisa diandalkan saat ibu sangat sulit untuk makan. Mengonsumsi kurma
membuat ibu tetap memiliki energi meski makan sangat sedikit dan terasa mual.

- Menurunkan risiko sembelit
Hormon kehamilan membuat ibu sulit untuk buang air besar. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memenuhi kebutuhan serat. Kurma mengandung serat yang tinggi dan bisa membantu menurunkan risiko sembelit.

- Sumber asam amino
Kurma juga sangat kaya akan protein yang merangsang produksi asam amino. Zat tersebut sangat dibutuhkan janin untuk tumbuh sehat, termasuk menjaga kondisi tubuh ibu agar selalu fit.

- Memenuhi kebutuhan vitamin K
Vitamin K sangat dibutuhkan bayi untuk perkembangan tulang dan pembekuan darah. Ibu juga sangat membutuhkannya agar tulang tetap sehat dan kuat saat menyusui, karena jika bayi
kekurangan vitamin K maka akan 'mencuri' dari cadangan ibu. Untuk itu perbanyaklah konsumsi kurma saat hamil agar kesehatan tulang ibu dan bayi tetap terjaga.

Kurma juga disebut-sebut sangat baik dikonsumsi ibu yang menunggu persalinan. Hal ini karena mengonsumsi kurma bisa meningkatkan efek oksitosin yang meningkatkan sensitivitas rahim. Asam lemak jenuh dan tak jenuh dalam kurma akan memproduksi prostaglandin yang dibutuhkan tubuh untuk persalinan karena merangsang kontraksi.

Sumber: Momjunction

Kronologi Roro Fitria Tak Bisa Antar Jenazah Ibunda

Jangan Lewatkan