Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Masalah Kulit yang Kerap Muncul Setelah Melahirkan

Masalah Kulit yang Kerap Muncul Setelah Melahirkan Perawatan Kulit Setelah Melahirkan/ Foto: Shutterstock

Dream - Hormon dan kondisi kulitibu saat hamil pastinya mengalami perubahan drastis. Ada yang menjadi kering, lebih berminyak, ada juga yang penuh jerawat. Begitu pun setelah melahirkan.

Tubuh ibu jadi memproduksi hormon untuk menyusui, setelah melahirkan kembali terjadi perubahan hormon drastis. Hal ini juga berdampak signifikan pada kulit ibu secara keseluruhan.

Berikut beberapa masalah kulit yang sering muncul setelah melahirkan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan diri, demi membuat mood lebih stabil dan percaya diri.

1. Stretch Mark
Karena kenaikan dan penurunan berat badan secara signifikan dalam waktu singkat, kerap muncul stretch mark di banyak bagian tubuh setelah melahirkan. Stretch mark ini tidak akan hilang sepenuhnya tetapi akan menjadi lebih samarseiring waktu. Awalnya, akan berwarna merah muda, ungu, atau cokelat kemerahan. Akhirnya, pigmentasi akan hilang.

2. Bintik Hitam
Stres yang menyertai menjadi ibu dapat memiliki efek buruk pada kulit wajah. Salah satunya, bintik-bintik kecokelatan. Untuk menghambat munculnya bintik ini, lakukan perawatan dan eskfoliasi secara rutin. Wajib kenakan suncscreen.

 

Melasma dan Lingkaran Hitam

3. Melasma
Terkadang, selama kehamilan, bercak hitam muncul di wajah. Ini disebut chloasma atau melasma. Perubahan pigmentasi ini terjadi karena tingginya kadar hormon kehamilan dalam tubuh.
Hormon-hormon ini secara bertahap menurun setelah kehamilan. Sementara beberapa flek cokelat mungkin menjadi berkurang dan yang lain mungkin menetap.

4. Lingkaran Hitam dan Mata Bengkak
Lingkaran hitam dan mata bengkak adalah akibat dari perubahan hormonal, serta kurang tidur setelah melahirkan. Mata mengekspresikan rasa lelah yang dialami tubuh setelah melahirkan. Kompres mata atau gunakan krim khusus untuk mengurangi lingkaran hitam dan bengkak.

Sumber: FirstCry

Kehamilan Bikin Lipatan Kulit Menggelap, Ini Sebabnya

Dream - Kulit menggelap jadi kecokelatan atau kehitaman kerap dialami para ibu hamil. Kondisi ini juga disebut sebagai hiperpigmentasi. Perubahan warna kulit jadi lebih gelap cenderung terjadi pada area lipatan.

Seperti leher, paha, atau lengan. Ini termasuk munculnya termasuk linea nigra (garis gelap di sepanjang perut), melasma (bercak gelap di wajah), dan areola yang menggelap.

Bintik-bintik, tanda lahir dan bekas luka yang ada bisa membesar dan menjadi gelap selama kehamilan. Penyebab pasti penggelapan kulit atau perubahan warna kulit pada kehamilan tidak sepenuhnya diketahui.

"Ini sering dikaitkan dengan peningkatan kadar hormon tertentu selama kehamilan seperti estrogen, progesteron, dan hormon perangsang melanosit," ujar dr. Rana Choudhary, dikutip dari MomJunction.

 

Jaga Kelembapan Kulit

Peregangan kulit saat hamil juga memperburuk perubahan ini. Ada beberapa faktor lain yang juga dapat meningkatkan kemungkinan penggelapan kulit saat hamil. Antara lain, faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari, kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti hipertiroidisme (tiroid yang terlalu aktif) dan genetik.

Lebih dari 90% ibu hamil mengalami beberapa jenis perubahan kulit. Peningkatan kadar estrogen dan progesteron dapat berkontribusi pada peningkatan produksi melanin yang mungkin dimulai sejak trimester pertama kehamilan.

"Untuk mengurangi risiko tersebut, ibu bisa menggunakan produk perawatan kulit hipoalergenik. Pilih pembersih, pelembab, atau krim wajah yang tidak mengiritasi kulit atau memperburuk melasma," ujar dr. Rana.

Kabar baiknya, warna kulit pada sebagian besar ibu akan kembali normal setelah persalinan. Pastikan saja menjaga kelembapan kulit dengan baik.

Ada Dua Tipe Tes Kehamilan, Ketahui Perbedaannya

Dream - Sedang menjalani program hamil atau menstruasi terlambat? Mungkin Sahabat Dream, berpikir untuk melakukan tes kehamilan. Apalagi, alat tes berupa testpack sangat mudah didapat dan harganya sangat terjangkau.

Kemungkinan hamil selalu ada jika aktif secara seksual, bahkan memakai kontrasepsi sekali pun. Lalu kapan waktu yang tepat melakukan tes kehamilan? Apapun hasil yang diharapkan baik negatif atau positif, sebaiknya jangan melakukan terlalu dini.

"Meskipun Anda mungkin ingin melakukan tes kehamilan sesegera mungkin, yang terbaik adalah menunggu sampai seminggu setelah periode yang terlewat untuk mendapatkan hasil yang paling akurat," ujar Anna Targonskay, seorang bidan profesional, dikutip dari Mom.com.

Diperlukan waktu yang cukup bagi tubuh untuk memproduksi human chorionic gonadotoprin (hCG). Zat hCG inilah yang akan dideteksi melalui tes kehamilan. yang cukup untuk didaftarkan pada tes.

 

Dua jenis tes kehamilan

Menurut Mary Jane Minkin, dokter spesialis kandungan dari Yale University School of Medicine, sebenarnya hanya ada dua jenis tes kehamilan yaitu darah dan urine. Jenis tes kehamilan yang paling umum adalah tes urine.

"Tes ini bila dilakukan dengan testpack yang banyak dijual bebas untuk mengukur kadar hCG dalam urine," kata Minkin.

Ia mengatakan bahwa pada saat melewatkan menstruasi, sebagian besar tespack di pasaran akan menunjukkan hasil positif jika memang hamil. Tes lainnya adalah tes darah dan hal ini hanya bisa dilakukan di laboratorium.

"Dilakukan dengan rekomendasi dokter, tes darah untuk hCG dapat bekerja lebih awal daripada tes urine, karena lebih sensitif. Tes darah juga dapat dilakukan sejak dini untuk melihat apakah tingkat HCG meningkat dengan tepat," ungkap Minkin.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
4 Alasan yang Sering Bikin Sulit Tidur Padahal Tubuh Sangat Lelah

4 Alasan yang Sering Bikin Sulit Tidur Padahal Tubuh Sangat Lelah

Kondisi ini tentunya sangat menyiksa, bukan hanya fisik tapi juga mental.

Baca Selengkapnya
Kenali Narsistik Terselubung, Gejala Mental yang Sering Terjadi namun Jarang Diketahui

Kenali Narsistik Terselubung, Gejala Mental yang Sering Terjadi namun Jarang Diketahui

Kenali gejala-gejala narsistik terselubung agar terhindar. Yuk, simak lebih lengkap!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Alasan Libur Panjang Akhir Tahun Bukan Fresh Malah Terasa Murung

Alasan Libur Panjang Akhir Tahun Bukan Fresh Malah Terasa Murung

Suasana hati seseorang bisa lebih buruk setelah liburan. Cega dan atasi hal tersebut dengan melakukan beberapa cara.

Baca Selengkapnya
Kulit Kemerahan Akibat Jerawat?  Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kulit Kemerahan Akibat Jerawat? Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kemerahan atau peradangan akibat jerawat dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan kulit tertentu.

Baca Selengkapnya
Susah Tidur Malam Walau Lelah, Ini Sebabnya

Susah Tidur Malam Walau Lelah, Ini Sebabnya

Tubuh yang lelah tidak menjamin kamu lebih mudah tertidur di malam hari. Kondisi mental ternyata bisa jadi penyebab kamu sulit tidur meski sudah lelah.

Baca Selengkapnya
Jaga Kulit Tetap Lembap Selama Puasa, Simak Tips dari Dokter

Jaga Kulit Tetap Lembap Selama Puasa, Simak Tips dari Dokter

Berpuasa sangat berpengaruh terhadap tingkat kelembapan kulit.

Baca Selengkapnya
Cara Merawat Lubang Tindikan agar Tetap Nyaman dan Bebas Iritasi

Cara Merawat Lubang Tindikan agar Tetap Nyaman dan Bebas Iritasi

Lakukan perawatan ini, agar lubang tindikan tidak bermasalah.

Baca Selengkapnya
Perawatan Kulit Pagi dan Malam Ideal untuk Kulit Kombinasi

Perawatan Kulit Pagi dan Malam Ideal untuk Kulit Kombinasi

Tipe kulit kombinasi membutuhkan perawatan berbeda agar kulitnya tetap sehat. Ketahui perawatan yang cocok untuk kulit kombinasi di pagi dan malam hari.

Baca Selengkapnya