Masalah Jantung Bisa Dialami Ibu Setelah Melahirkan

Kondisi ini cukup jarang tapi patut diwaspadai.

Mutia Nugraheni
| 13 Maret 2019 12:10

Dream - Setelah melahirkan, ibu akan dibanjiri dengan emosi yang membuncah. Perasaan juga menjadi penuh cinta dan rasa ingin melindungi yang begitu besar. Tak hanya itu, sebenarnya ada risiko lain yang juga dihadapi para ibu, yaitu masalah jantung.

Selama atau setelah kehamilan, seorang ibu dapat mengalami perubahan jantung atau suatu kondisi yang disebut kardiomiopati peripartum. Hal ini membuat otot jantung jadi melemah.

Kondisi kardiomiopati peripartum, membuat jantung tidak memompa sekeras yang seharusnya. Efeknya adalah penumpukan cairan karena darah tidak diedarkan dengan benar. Penumpukan ini dapat menyebabkan cairan di paru-paru, yang menyebabkan sesak napas, dan dapat menyebabkan pembengkakan di kaki.

Meskipun kardiomiopati peripartum jarang terjadi, tetapi ada perempuan yang memiliki risiko lebih tinggi terkena kardiomiopati peripartum. " Faktor-faktor risiko makin tinggi jika hamil kembar atau hamil di usia tua," kata Lili Barouch, seorang ahli jantung, spesialis kardiomiopati Universitas Johns Hopkins.

Apa saja gejalanya? Kesulitan bernapas dan pembengkakan kaki adalah gejala utama. Beberapa ibu juga mengalami irama jantung yang tidak normal, kelelahan dan jantung berdebar.

Gejala-gejala tersebut memang kerap terjadi saat hamil. Untuk membedakan apakah itu hanya keluhan saat hamil atau keluhan jantung adalah dengan memperhatikan tingkat keparahannya.

" Jika napas sangat pendek, batuk parah saat berbaring, bengkak ekstrem, atau sangat lelah, maka ini adalah tanda-tanda potensial bahwa ibu mungkin mengalami kondisi kardiomiopati peripartum," kata Barouch, seperti dikutip dari Todays Parent.

Meskipun gejala ringan, jika khawatir, Barouch menyarankan untuk berkonsultasi dengan bidan atau dokter. Terutama jika kehamilan pertama.

Kardiomiopati peripartum biasanya terjadi dari satu bulan sebelum sampai lima bulan setelah melahirkan. Barouch mengungkap konsisi tersebut paling sering muncul setelah melahirkan.

Tutorial Daily Hijab Voal Print Scarf | #OneMinuteWithDream

Jangan Lewatkan