Manfaat Bermain untuk Tumbuh Kembang Anak

Jangan gadget terus, lakukan aktivitas asyik bersama anak.

Annisa Mutiara Asharini
| 11 April 2019 08:09

Dream - Bermain merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak. Tak hanya bersenang-senang anak mampu menerima pejaran lebih baik dengan bermain.

Dengan bermain, anak mampu melatih kosakata dan kemampuan sosialisasi lewat percakapan dengan lawan bicara. Interaksi dengan teman bermain dapat membantu si kecil dalam mengendalikan emosi.

" Ada juga aspek fisik yang dapat menstimulasi koordinasi motorik kasar dan motorik halus, aspek kognitif untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi, daya ingat, dan keluasan wawasan," kata Ann Surti Ariani, Psikolog Anak & Keluarga di Jakarta, Rabu kemarin.

Namun sayangnya, gadget menjadi tantangan untuk para orang tua di zaman sekarang. Anak lebih sering bermain sendiri dengan gadget ketimbang bersama orang tua dan teman sebaya.

Data Survei Consumer & Media View (CMV) 2016 menyebutkan, jumlah durasi rata-rata anak Indonesia menggunakan internet selama 2 jam 29 menit per hari. Dibutuhkan suatu aktivitas yang dapat memenuhi semua aspek kebutuhan anak.

Mona Ratuliu, aktris dan penulis ParenaThink mengatakan bahwa orang tua harus berperan mengontrol durasi dan konten si kecil ketika bermain gadget.

" Sebagai orang tua generasi Z dan Alfa yang keseharian dan rutinitasnya lebih di dominasi oleh internet. Jadi saya harus cerdas dalam menyeimbangkan hal-hal lain yang menyangkut tumbuh kembang anak-anak," tutur Mona.

 Wonderfest

Foto: Tri Yuniwati Lestari

Belajar dan bermain menjadi pilihan Mona agar anak tetap dapat melakukan aktivitas interaktif sesuai dengan umurnya. Soal tempat bermain, Mona mengajak Sahabat Dream dan si kecil untuk mengunjungi WONDERFEST di Jakarta.

WONDERFRST hadir dapat mengajak anak-anak bermain sekaligus belajar di tempat menyenangkan. Terdapat empat zona menarik seperti Creative Zone, Science Zone, Active zone dan Play Zone.

Sahabat Dream dapat mengunjunginya  di JCC (Jakarta Convention Center) pada 20-23 Juni mendatang.

Laporan: Tri Yuniwati Lestari

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim

Jangan Lewatkan