Lakukan Ini Saat Kontraksi Datang Tapi Masih Bukaan Awal

Kontraksi masih tidak teratur, pendek, dan / atau ringan, berlangsung antara delapan hingga 12 jam.

Mutia Nugraheni
| 1 Oktober 2018 10:12

Dream - Sudah memasuki tanggal untuk hari perkiraan lahir. Kontraksi pun seringkali muncul lalu menghilang. Jika Anda sudah mengalami kontraksi, lalu baru bukaan 1 atau 2, biasanya bidan atau dokter merekomendasikan untuk menunggu di rumah.

Dalam kondisi ini ibu sedang dalam fase persalinan dini. Kontraksi masih tidak teratur, pendek, dan / atau ringan, sering berlangsung antara delapan hingga 12 jam untuk ibu yang baru pertama kali melahirkan. Lalu sekitar lima jam bagi mereka yang telah melahirkan sebelumnya.

Selama fase tersebut, tubuh ibu akan bekerja keras untuk menyiapkan diri menghadapi kontraksi yang lebih intensif dan persalinan. Sangat direkomendasikan ketika masih dalam fase persalinan dini, ibu melakukan hal-hal berikut.

Beristirahat
Cobalah untuk beristirahat atau tidur sebanyak yang Anda bisa. Jangan menghabiskan energi dengan berteriak-teriak apalagi sampai histeris. Ibu harus menjaga kondisi tubuh tetap fit karena persalinan dan mengejan akan sangat menguras energi. Dengarkan suara rekaman gemericik air, musik atau apapun yang bisa membuat ibu tenang.

Relaksasi
Jika Anda merasa gelisah atau tidak nyaman, fokuslah pada aktivitas yang santai. Minta pasangan untuk memijat atau sekedar menyalakan aromaterapi. Atur napas, tarik panjang lewat hidung dan buang perlahan lewat mulut.

Makan minum
Sangat penting untuk mendengarkan kebutuhan tubuh di awal persalinan. Jika haus, segera minum. Saat terasa lapar, makanlah. Minumlah air atau minum teh herbal favorit Anda untuk menghindari dehidrasi. Makan makanan sehat atau camilan favorit. Pilih makanan yang mudah dicerna yang memberi Anda energi. Seperti telur rebus, ikan, daging serta roti dan susu.

Sumber: BabyandCo

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-

Jangan Lewatkan