Lakukan 4 Langkah Ini Demi Persalinan Lebih Tenang

Cemas, panik dan khwatir memang hal yang wajar. Namun sebaiknya Anda dan pasangan bekerja sama untuk mengontrolnya.

Mutia Nugraheni
| 19 Februari 2018 11:58

Dream - Momen persalinan tentunya jadi hal yang ditunggu-tunggu tiap pasangan. Bagi Sahabat Dream yang saat ini sedang mengandung dan menanti kehadiran si kecil, sederet persiapan tentu sudah dilakukan.

Salah satu yang seringkali muncul adalah perasaan cemas. Rasa nyeri yang hebat, disertai menunggu pembukaan lengkap dan suara monitor Cardiotocography (CTG) yang memantau kondisi jantung jain.

Cemas, panik dan khwatir memang hal yang wajar. Namun sebaiknya Anda dan pasangan bekerja sama untuk mengontrolnya. Ada empat langkah yang bisa dilakukan untuk membuat momen persalinan jadi lebih tenang dan nyaman.

Birthball
Bola keseimbangan atau birthball jadi alat penting yang sebaiknya dibawa. Menunggu bukaan lengkap adalah saat-saat paling mendebarkan. Aktivitas dengan duduk dan beraktivitas dengan birthball sangat membantu ibu mengatur napas dan merasa rileks.

Dengarkan musik atau nyalakan aromatheraphy
Ibu juga bisa membawa benda-benda yang biasa digunakan untuk meringankan stres, seperti aromatherapy hingga alat pemutar musik. Pikirkan juga apakah Anda lebih nyaman dengan
ruangan gelap atau terang. Buatlah suasana senyaman mungkin. Dengarkan musik favorit dan hirup aroma yang menenangkan.

Minuman dan makanan kesukaan
Ini juga sanat penting karena merupakan 'amunisi' penting bagi ibu, terutama yang menjalani persalinan normal. Ibu butuh tenaga untuk mendorong dan menahan rasa sakit. Siapkan minuman segar, seperti jus atau cemilan ringan.

Suami siaga
Tak hanya ibu, calon ayah juga harus siap menemani istrinya melahirkan. Pastikan membawa barang-barang kebutuhan di dalam tas, seperti pakaian ganti hingga makanan. Siapkan juga dokumen dan persyarat admiistrasi untuk pendaftaran. Bicarakan sedetail mungkin dengan istri terkait keputusan-keputusan medis yang akan diambil selama persalinan.

Laporan Annisa Mutiara

Sumber: Parents

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa

Jangan Lewatkan