Lahir dengan 13 Jari, Bayi Ini Idap Penyakit Langka

"Dokter menyadari ada yang aneh, ternyata otak janinku tak berkembang dengan normal".

Mutia
| 13 Juli 2017 08:05

Dream - Dokter menganjurkan untuk selalu memeriksakan janin dalam kandungan tiap bulannya bahkan dua kali dalam satu bulan, tentu dengan alasan khusus. Salah satunya adalah agar jika terdapat kelainan atau masalah bisa diketahui dengan cepat dan segera dicari solusinya.

Seperti yang dialami Angela Wilkinson, ibu dari Liam Robson, yang tinggal di Nw South Wales, Australia. Saat hamil 20 minggu Angela memeriksakan kehamilannya. Dokter yang memeriksa curiga dengan perkembangan otak janinnya. Pemeriksaan lebih detail pun dilakukan.

" Dokter menyadari ada yang aneh, ternyata otak janinku tak berkembang dengan normal. Saat itu dokter belum bisa mengetahui secara jelas kondisinya," ujar Angela, seperti dikutip dari KidSpot.

Angela dan suaminya, Scott, lalu mencari opini dokter lain. Hasilnya sama, kondisi otak janin tak berkembang normal. Fakta bahwa kondisi janinnya tidak sehat, tak lantas membuat Angela menggugurkan kandungannya.

" Aku dan suamiku berkomitmen untuk tetap mempertahankan kehamilan apapun yang terjadi dan memberikan kesempatan pada anak kami untuk berjuang karena ia pantas mendapatkannya," ungkap Angela.

Liam Robson

Pada 17 Desember 2013, lahirlah Liam Robson. Kondisi Liam setelah dilahirkan memiliki 13 jari tangan dan jari kaki, ia juga mengalami celah bibir langit atau sumbing. Tapi saat itu Liam bernapas dengan cukup baik.

" Setelah dilahirkan, Liam langsung masuk NICU (neonatal intensive care unit) saat itu aku merasa kalau anakku akan baik-baik saja dan berjuang demi kehidupannya. Dokter pun melakukan pemeriksaan menyeluruh pada Liam," kata Angela.

Dari hasil pemeriksaan diketahui kalau Liam mengalami Joubert Syndrome, yaitu kondisi kelainan otak yang berdampak pada ketidakmampuan otak dalam fungsi keseimbangan dan koordinasi.

Penyakit ini termasuk langka dan bisa berdampak pada kondisi lain lainnya. Seperti memicu penyakit ginjal, kebutaan atau kelebihan organ tubuh. Saat ini Liam masih bisa bermain dengan dua kakaknya. Tapi sederet operasi telah dilakukanya dan ia mampu bertahan hingga usia 3 tahun.

 

Putri Tanjung Bongkar Rahasia Kenny Austin & Dhea Seto

Jangan Lewatkan