Kulit Pipi Bayi Merah Hingga Melepuh, Cari Tahu Pencetusnya

Dermatitis Atopik merupakan kelainan kulit tersering pada anak terutama pada bayi.

Mutia Nugraheni
| 16 Mei 2019 14:04

Dream - Ramai di media sosial cerita seorang ayah yang anaknya mengalami masalah kulit parah di bagian pipi. Anak tersebut yang masih berusia 6 bulan, awalnya memiliki kulit pipi yang sehat dan mulus.

Setelah mendatangi sebuah acara yang ramai, sesampai di rumah kulitnya bermasalah. Pipinya jadi merah, ruam hingga melepuh dan mengelupas. Setelah diperiksakan ke dokter, rupanya sang bayi mengalami dermatitis atopik atau eczema.

Apa itu dermatitis atopik (DA)? Dikutip dari situs resmi Ikatan Dokter Indonesia, IDAI.or.id, penyakit yang juga disebur eksim atopik ini merupakan kelainan kulit tersering pada anak terutama pada bayi.

Bayi dan anak yang mengalami DA umumnya memiliki keluhan dan gejala kulit kering, kemerahan, bersisik, dan gatal pada satu atau beberapa tempat di wajah, leher, lipatan siku/lutut, siku/lutut, pergelangan kaki hilang timbul, dan berlangsung lama (kronik).

Untuk anak usia 0-2 tahun yang mengalami DA, biasanya muncul kemerahan simetris pada kedua pipi, kemudian menyebar ke dahi, kulit kepala, telinga, leher, pergelangan tangan dan tungkai. Alergen (pencetus) yang berperan dalam fase ini adalah makanan, seperti susu sapi, telur, soya dan gandum.

Penting untuk segera memeriksakan dokter demi mengetahui kondisinya secara detail dan mencari pencetus utamanya agar bisa dihindari. Untuk perawatannya dianjurkan mandi menggunakan sabun yang mengandung pelembab, pH 5,5-6, tidak mengandung pewarna dan pewangi.

Termasuk tidak menggunakan bahan iritan saat mandi, seperti sabun antiseptik. Selengkapnya baca di sini.

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara

Jangan Lewatkan