Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Perawatan Penting Kulit Bayi Biar Tak Mudah Ruam

Perawatan Penting Kulit Bayi Biar Tak Mudah Ruam Perawatan Kulit Bayi/ Foto: Shutterstock

Dream - Kemerahan, ruam atau bentol pada kulit bayi seringkali terjadi. Kondisi tersebut kerap membuat si kecil rewel karena merasa gatal dan tak nyaman.

Bayi memang memiliki kulit yang sensitif sehingga rentan mengalami iritasi dan ruam. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, tapi memang sangat menggangu bagi anak dan kadang membuatnya sulit tidur. Untuk itu orangtua perlu mencari tahu penyebab utama masalah ruam pada anak agar bisa tahu solusinya.

Happy Baby

“Berbeda dengan orang dewasa, kulit bayi jauh lebih tipis, lebih mudah kehilangan kelembabannya dan lebih rentan teriritasi sehingga sering muncul ruam,” kata dr. Citra Amelinda, SpA, MKes IBCLC, Dokter Spesialis Anak pada konferensi virtual Worry Less Parenting: Tumbuh Kembang Si Kecil Optimal, dengan Pola Asuh yang Nyaman, 4 November 2021.

Dokter Citra menambahkan, bahwa banyak hal yang bisa menyebabkan iritasi mulai dari keringat yang menyumbat pori-pori, jenis detergen, bahan baju, jenis popok atau alergi.

Mencegah Ruam dan Iritasi

Untuk mencegah, sebaiknya orangtua menjaga kelembapan kulit bayi dengan optimal. Hindari kekeringan atau zat yang mudah mengiritasi kulit seperti parfum atau deterjen, serta jauhkan dari alergen seperti debu atau bulu.

Happy Baby

“Untuk mencegah ruam pada bayi, sebaiknya gunakan pelembab kulit dengan bahan yang aman untuk bayi, seperti petroleum jelly atau pelembab kulit yang mengandung ceramides,” ujar dr. Citra.

Selain itu, biasakan mandikan anak dengan air suam kuku dan gunakan sabun, sampo, bahkan deterjen yang lembut dan tidak mengandung pewangi.

 

Jangan Ragu Periksakan ke Dokter

Jika kondisi si kecil terkena ruam disertai nanah dan kulit melepuh sehingga si kecil tampak sangat tidak nyaman terus menerus, maka jangan ragu untuk periksakan ke dokter.

Happy Baby

“Saat ini, dokter bahkan sudah tidak lagi menyarankan penggunaan bedak tabur untuk bayi karena dapat menyebabkan iritasi saluran napas bayi, sebaliknya gunakanlah bedak yang bertekstur cair untuk mengurangi iritasi gatal akibat biang keringat,” ujar dr. Citra.

Baby Happy Bantu Anak Indonesia

Untuk membantu memenuhi kebutuhan popok bayi bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan, khususnya keluarga yang terkena dampak pandemi Covid-19 secara langsung. Baby Happy membantu keluarga Indonesia melalui edukasi juga menyalurkan 75.000 popok untuk anak Indonesia melalui CT Arsa Foundation serta Rumah Harapan Indonesia.

Sebelumnya, masih di kesempatan jilid 2 ini, popok Baby Happy juga telah menyalurkan 50.000 popok bayi kepada Yayasan Kanker Anak Indonesia serta Rumah Harapan Melanie.
 
“Selain menyalurkan popok kepada keluarga yang terdampak secara ekonomi karena pandemi ini, kami juga ingin membangun kapasitas orang tua untuk semakin mantap menjalankan perannya, yaitu melalui edukasi di webinar series ini,” ujar Julie Widyawati, Marketing Manager Baby Happy.

Kulit Bayi Mengelupas? Cari Tahu Cara Merawatnya

Dream - Kulit bayi begitu sensitif dan mudah sekali mengalami kemerahan, ruam, bentol, hingga mengelupas. Pada bayi baru lahir, kulitnya bahkan banyak sekali mengalami pengelupasan hingga ke kulit kepala.

Sebenarnya, saat dalam kandungan, bayi dilindungi dengan lapisan tebal bernama Vernix. Nah, saat lahir lapisan ini akan terlepas dengan sendirinya yang membuat tampilan kulit bayi terlihat mengelupas.

Untuk menjaga kulit bayi tetap lembap dan meredakan pengelupasan ada sejumlah perawatan penting yang bisa dilakukan. Simak langkah-langkahnya agar kulit si kecil selalu dalam kondisi sehat.

Perawatan Penting Kulit Bayi

1. Hindari memandikan bayi terlalu lama

Memandikan terlalu lama juga akan membuat bayi kehilangan minyak alaminya pada kulit. Cukup mandikan dengan cepat, maksimal 10 menit dengan suhu air yang hangat agar kelembapan kulit tetap terjaga.

2. Gunakan pelembap setelah mandi
Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap hipoalergenik setelah mandi untuk menjaga kelembapan kulitnya. Lakukan pijatan lembut saat mengaplikasikannya sehingga formula dapat terserap dengan sempurna.

 

 

Produk Khusus

3. Gunakan produk khusus bayi
Pastikan memakai produk-produk yang diformulasi khusus untuk bayi. Hal ini sangat penting sehingga kulitnya akan terbebas dari iritasi.

4. Usahakan tidak terkena udara terlalu dingin
Udara dingin akan membuat kulit bayi semakin kering dan menjadikan proses pengelupasan tersebut semakin terlihat signifikan. Jadi, selalu lindungi kulit bayi dengan menggunakan selimut, dan pakaian yang nyaman serta lembut sehingga kulit bayi semakin terjaga.

Laporan Nabila Mecadinisa/ Sumber: Fimela

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Perawatan Penting Kulit Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Iritasi

Perawatan Penting Kulit Bayi Baru Lahir, Jangan Sampai Iritasi

Kulit si kecil rentan mengalami iritasi dan ruam karena suhu maupun bahan-bahan tertentu. Jangan sampai tumbuh kembangnya terganggu karena masalah kulit.

Baca Selengkapnya
Kulit Kemerahan Akibat Jerawat?  Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kulit Kemerahan Akibat Jerawat? Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kemerahan atau peradangan akibat jerawat dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan kulit tertentu.

Baca Selengkapnya
5 Masalah Kulit dan Rambut yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa

5 Masalah Kulit dan Rambut yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa

Berpuasa tidak hanya bermanfaat bagi kulit, tapi juga menyebabkan beberapa masalah seperti jerawat. Cari tahu masalah kulit lain dan cara mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami, Hanya dengan Kopi dan Satu Bahan Tambahan

Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami, Hanya dengan Kopi dan Satu Bahan Tambahan

Panduan mudah untuk merawat kulit alami dan efektif, tanpa perlu uang banyak atau perawatan yang rumit.

Baca Selengkapnya
Trik  Pertahankan Warna Rambut yang Dicat, Shining dan Awet Maksimal

Trik Pertahankan Warna Rambut yang Dicat, Shining dan Awet Maksimal

Rambut yang dicat dengan warna lebih terang daripada aslinya membutuhkan perawatan khusus. Cari tahu perawatan rambut berwarna agar warnanya tidak memudar.

Baca Selengkapnya