Kualitas ASI Berkurang Jika Ibu Susah Makan?

ASI juga mengandung senyawa imunitas untuk meningkatkan kekebalan bayi.

Mutia Nugraheni
| 13 Desember 2018 08:16

Dream - Nafsu makan biasanya sangat dipengaruhi kondisi psikis dan hormon. Bagi ibu menyusui, hormon kerap kali tidak stabil. Efeknya, nafsu makan jadi sangat berkurang.

Padahal, ibu harus terus menyusui bayi yang hanya mendapatkan asupan gizi dari air susu ibu (ASI). Lalu bagaimana dengan kualitas ASI jika ibu hanya sedikit mengonsumsi makanan.

Rupanya, ibu menyusui yang hanya makan sedikit tak membuat komposisi Air Susu Ibu (ASI) berubah. Kualitas ASI tetap sama yakni mengandung DHA (asam lemak omega-3), gangliosida (lemak dan karbohidrat), probiotik (karbohidrat, mineral, vitamin), zat besi, dan kalsium.

Tak cuma itu, ASI juga mengandung senyawa imunitas untuk meningkatkan kekebalan bayi. Bayi pun tak gampang sakit.

" ASI yang diproduksi dan komposisi ASI tidak akan berubah. Apakah ibu makan sedikit atau banyak, tidak mengurangi komposisi ASI," ungkap dokter spesialis anak konsultan, Ariani Dewi Widodo beberapa waktu lalu.

Bila ibu hanya mengonsumsi sedikit makanan yang akan terkena pengaruh adalah tubuhnya sendiri. Ibu jadi tidak fit dan musah sakit. Hal ini nantinya bisa berdampak buruk pada produksi ASI.

" Asupan makan kurang, ibu akan kekurangan zat gizi. Untuk produksi ASI, zat besi dan kalsium diambil dari tubuh ibu. Ini demi tubuh memberikan ASI sempurna untuk bayi," kata Ariani.

Selama menyusui, ibu harus menjaga badan tetap fit, terutama perbanyak makan buah dan sayur. Pastikan juga ibu menyusui tidak kekurangan kekurangan zat besi.

" Bila kekurangan zat besi, ibu bisa anemia dan badan lemah. Kalsium di tubuh ibu bisa kurang. Untuk memproduksi ASI, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang ibu," ujar dokter yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta ini.

Laporan Fitri Haryanti/ Liputan6.com

#MovieTalk - Kuambil Lagi Hatiku

Jangan Lewatkan