Kontrasepsi Spiral Bisa Picu Jerawat? Cari Tahu Faktanya

Beberapa orang menghindari kontrasepsi ini karena menganggap bisa memicu jerawat parah.

Mutia Nugraheni
| 10 Januari 2022 08:08

Dream – Alat kontrasepsi yang tersedia di pasaran sangat beragam. Salah satu yang cukup efektif, praktis dan tahan lama adalah IUD (intra uterine device) atau lebih populer disebut spiral.

Penggunaannya cukup sekali, tapi bisa bekerja hingga 5 tahun. Efektivitasnya pun cukup tinggi. Sayangnya, beberapa orang menghindari kontrasepsi ini karena menganggap bisa memicu jerawat parah. Benarkah demikian?

" Faktanya, ketika memeriksa semua pil kontrasepsi, patch, dan IUD, secara keseluruhan risiko memiliki jerawat sangat rendah,” ujar Lauren Demosthenes, MD, seorang spesialis kandungan, dikutip dari Byrdie.

Dalam beberapa kasus, beberapa wanita yang beralih dari kontrasepsi oral kombinasi ke KB Spiral mungkin mengalami peningkatan jerawat. Hal ini karena menghentikan pil bukan akibat penggunaan KB Spiral.

“ Bagi sebagian orang, kontrasepsi spiral memang menyebabkan jerawat. Itu karena melepaskan hormon yang disebut progestin, fungsinya mencegah ovulasi pada wanita dan mengubah kondisi rahim untuk mencegah kehamilan,” kata Lauren.

Secara tidak langsung, progestin dapat menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

 

Selanjutnya :

Bisakah KB Spiral Tembaga/Non-Hormonal Menyebabkan Jerawat?

Mengintip Rumah Upin dan Ipin di Dunia Nyata

Jangan Lewatkan