Kondisi Rumah yang Bikin Anak Terkena Infeksi Pernapasan

Tidak hanya tungau kutu, ada juga tungau debu rumah yang bisa mengganggu pernapasan.

Mutia Nugraheni
| 28 September 2018 12:13

Dream - Debu, virus, kutu, tungau serta bakteri adalah hal yang tak mungkin dihindari dari anak. Bukan hanya saat mereka berada di luar, tapi juga ketika berada di dalam rumah.

Saat terhirup, anak bisa dengan mudah mengalami infeksi saluran pernapasan, terutama jika kondisi daya tahan tubuhnya lemah. Kebersihan rumah memang harus dijaga demi mengurangi risiko anak mengalami infeksi saluran pernapasan.

Rumah juga harus punya ventilasi udara yang baik. Penggunaan cat yang mengandung antibakteri salah satu solusi yang mungkin bisa diterapkan.

" Di rumah biasanya banyak tungau kutu. Tungau kutu ini senang bersarang di bagian pojok dan sudut ruangan yang kosong. Nah, barang-barang yang suka kita letakkan di pinggir tembok bisa jadi sarang kuman dan tungau kutu," kata Dokter Spesialis Anak, Ariani Dewi Widodo dalam sebuah diskusi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia menyarankan untuk menjaga dinding tetap bersih dengan tidak menempelkan apa pun di sana, baik lukisan maupun meja. Anda juga harus rajin membersihkan dinding agar tungau kutu tidak bersarang di rumah.

Tidak hanya tungau kutu, ada juga tungau debu rumah yang bisa mengganggu pernapasan anak. Tungau satu ini sangat mudah memicu reaksi alergi pada anak, seperti pilek, batuk hingga sesak napas.

" Alergi anak bisa berkepanjangan. Pastikan tak ada barang menumpuk di rumah," kata Ariani.

Sumber: Fitri Haryanti Harsono/ Liputan6.com

Menko Muhadjir Memutuskan PPKM Darurat Diperpanjang - DreamID

Jangan Lewatkan