Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kondisi Plasenta Ini Bisa Sebabkan Pendarahan Hebat

Kondisi Plasenta Ini Bisa Sebabkan Pendarahan Hebat Ilustrasi

Dream - Pemeriksaan secara rutin selama kehamilan sangat penting dilakukan. Ibu hamil bisa memeriksakan diri ke dokter atau bidan, dan jangan lupa untuk melakukan ultrasonografi (USG).

Pemeriksaan tersebut bukan hanya untuk mengetahui kondisi janin di dalam rahim, tapi juga plasenta. Organ plasenta berfungsi penting bagi janin karena menyediakan oksigen dan nutrisi serta membuang sampah metabolisme janin.

Pada beberapa kondisi, letak plasenta yang seharusnya ada di atas rahim, berada di bawah. Hal ini bisa jadi membahayakan dan memicu perdarahan. Letak plasenta yang tak normal tersebut dinamakan Plasenta Previa (PP).

Plasenta previa adalah komplikasi kehamilan di mana plasenta terletak di bawah dan menutupi jalan lahir. Dokter Aldi, spesialis obstetri dan ginekologi di RS Kendang Sari, Surabaya, lewat akun Instagramnya @dr_aldi_obgyn, perdarahan karena plasenta previa ini bisa saja tak disertai rasa nyeri.

"PP dapat menyebabkan perdarahan tanpa nyeri dimulai pada setengah akhir kehamilan. Hal ini disebabkan robeknya plasenta ketika mulut rahim menipis dan membuka. Perdarahan bisa sangat banyak sehingga membahayakan ibu dan janin. Selain itu berisiko terjadi persalinan preterm," ungkapnya.

Faktor Risikonya

Ia juga mengungkap kalau plasenta previa terjadi pada satu dari 200 kehamilan. Masalah ini biasanya diketahui lewat pemeriksaan USG. Untuk penyebabnya tidak diketahui secara spesifik, tapi ada beberapa faktor risiko.

"Faktor risikonya: usia ibu > 35 tahun, terapi infertilitas, kehamilan kembar, jarak antar kehamilan pendek, riwayat operasi rahim, bekas sesar, riwayat keguguran, riwayat plasenta previa, sosial ekonomi rendah, merokok, kokain," ungkap dr. Aldi.

Bila terjadi perdarahan karena plasenta previa, segera periksakan diri ke dokter. Biasanya, ibu diminta untuk istirahat total. Tindakan harus segera dilakukan untuk menghentikan perdarahan, salah satunya operasi sesar demi keselamatan ibu dan janin.

Kabar Baik Bagi Ibu Hamil Penyuka Kopi, Tak Bahayakan Kehamilan

Dream - Kopi merupakan minuman dengan kafein yang biasanya dihindari ibu hamil. Pasalnya dikhawatirkan bisa memicu masalah pada kehamilan. Bagi ibu yang biasa mengonsumsi kopi, akhirnya menghentikan rutinitasnya minum kopi.

Kini ada kabar baik bagi ibu hamil yang tetap ingin minum kopi. Tim peneliti dari University of Queensland melakukan studi genetik untuk menunjukkan bahwa minum kopi selama kehamilan tidak meningkatkan risiko keguguran, bayi lahir dalam keadaan meninggal atau prematur.

Salah satu peneliri, Dr Hwang, mengatakan perilaku minum kopi sebagian disebabkan oleh genetika, dengan serangkaian varian genetik tertentu yang memengaruhi seberapa banyak kopi yang kita minum.

"Kami menunjukkan bahwa varian genetik ini tidak hanya mempengaruhi konsumsi kopi pada populasi umum tetapi juga pada wanita hamil," katanya.

Pastikan Saja Tak Berlebihan

Para peneliti menggunakan metode yang disebut Mendelian Randomisation, yang menggunakan delapan varian genetik. Metode itu untuk memprediksi perilaku minum kopi wanita hamil dan memeriksa apakah varian ini juga terkait dengan hasil kelahiran.

"Karena kami tidak dapat meminta wanita untuk minum kopi dalam jumlah yang ditentukan selama kehamilan mereka, kami menggunakan analisis genetik untuk meniru uji coba kontrol secara acak," kata Dr Hwang.

Analisis genetik menemukan tidak ada risiko keguguran, lahir mati, atau kelahiran prematur yang lebih besar bagi wanita yang minum kopi. "Dalam hal diet selama kehamilan, wanita sering disarankan untuk menghindarinya, tetapi penelitian ini menunjukkan bahwa mereka masih dapat menikmati kopi tanpa khawatir akan meningkatkan risiko hasil kehamilan ini," kata Dr Hwang.

Para peneliti menekankan penelitian ini hanya melihat hasil kehamilan pada kondisi tertentu. Tetap ada kemungkinan konsumsi kafein dapat mempengaruhi aspek penting lainnya dari perkembangan janin.

“Oleh karena itu, kami tidak merekomendasikan asupan tinggi selama kehamilan, tetapi konsumsi kopi yang rendah atau sedang,” kata Hwang.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Mengucek mata bisa disebabkan beberapa hal. Ketahui penyebabnya agar bisa terhindar dari kebiasaan yang justru memperburuk kesehatan mata.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Berikut adalah beberapa rekomendasi peci Lebaran berdasarkan jenisnya yang bikin tampil ganteng maksimal. Yuk ikuti!

Baca Selengkapnya
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Cokelat putih sering dijadikan bahan dalam berbagai hidangan pencuci mulut, mulai dari kue hingga es krim.

Baca Selengkapnya
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Begadang bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang pada anak. Ketahui apa saja dampak begadang lainnya.

Baca Selengkapnya
9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil

9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil

Penyebab mens telat seminggu bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti stres, perubahan hormon, kondisi medis tertentu, dan faktor gaya hidup.

Baca Selengkapnya
Tanda Keputihan yang Tak Normal,  Jangan Disepelekan

Tanda Keputihan yang Tak Normal, Jangan Disepelekan

Keputihan merupakan kondisi yang umum terjadi pada perempuan, namun perlu diperhatikan bahwa ada dua jenis keputihan, yaitu normal dan abnormal.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

Kalian pernah gak sih melihat video viral dan jadi terngiang-ngiang terus? Setiap mau makan selalu muncul, bikin bete gak sih sahabat dream?

Baca Selengkapnya