Kondisi Keputihan Saat Hamil yang Harus Diwaspadai

Jika kondisinya sangat parah, bisa memicu keguguran dan memicu masalah serius pada kesehatan ibu.

Mutia Nugraheni
| 18 April 2019 12:07

Dream - Kondisi kehamilan membuat tubuh jadi sangat berbeda dari biasanya. Jika biasanya ibu tak bermasalah dengan keputihan, saat hamil keputihan bisa terjadi lebih sering.

Dikutip dari laman Fit Pregnancy, Karen Nordahl, M.D. salah satu pendiri Vancouver, British Columbia-based Fit to Deliver International dan Fit Pregnancy, mengungkap jika beberapa perempuan akan mengalami masalah keputihan yang lebih serius saat hamil.

Selain perubahan hormon, ada beberapa penyebab lain dari keputihan selama kehamilan. Penyebab tersebut antara lain adalah adanya infeksi ragi.

" Biasanya, infeksi ragi ditandai dengan gatal, kemerahan dan nyeri di daerah Miss v. Karena infeksi ragi, beberapa perempuan juga akan merasa sakit dan seperti terbakar di area miss v saat ia melakukan hubungan intim pun sekedar buang air kecil. Keputihan ini masih bisa dikatakan normal," kata dr. Karen.

Penyebab keputihan selanjutnya disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri. Ini seringkali ditandai dengan keluarnya cairan berbau dan berwarna, sensasi gatal dan seperti terbakar yang cukup hebat serta nyeri berlebih.

Menurut para ahli, keputihan ini bisa dikatakan tidak normal dan cukup berbahaya. Ini bahkan bisa menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur.

" Keputihan juga bisa terjadi karena adanya penyakit menular seksual (PMS). Pola hidup yang tidak sehat, sering gonta-ganti pasangan dan sejenisnya bisa meningkatkan risiko PMS," ujar dr. April Sarvis, M. D., seorang OB-GYN di Bloomfield Hills.

Keputihan karena PMS bisa menyebabkan kelahiran prematur, infeksi rahim bahkan kematian pada janin. Termasuk, risiko kesehatan yang lebih serius pada ibu hamil.

Jika menemukan tanda-tanda keputihan abnormal saat hamil, jangan segan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan di bidan atau dokter kandungan. Selama kehamilan, pastikan untuk memeriksakan kandungan secara rutin.

Laporan Mimi Rohmitriasih/ Sumber Fimela.com

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival

Jangan Lewatkan