Kondisi Janin Saat Ibu Hamil Mengalami Diabetes

Anda yang berencana untuk punya anak, perlu waspada terhadap kondisi kesehatan satu ini.

Mutia Nugraheni
| 29 Oktober 2018 14:12

Dream - Ibu hamil perlu secara rutin mengontrol level gula darah. Terutama, mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Ibu hamil kerap mengalami diabetes yang disebut diabetes gestasional.

Yaitu ketika level gula darah meningkat saat kehamilan dan biasanya hanya berlangsung hingga persalinan. Berbeda dengan diabetes pada umumnya, diabetes gestasional terjadi ketika produksi insulin tidak mencukupi untuk mengontrol kadar glukosa tubuh pada saat kehamilan.

Anda yang berencana untuk punya anak, perlu waspada terhadap kondisi kesehatan satu ini. Ini bisa menimpa Anda, sekalipun tidak punya riwayat diabetes sebelumnya.

" Diabetes gestasional itu diabetes saat ibu sedang hamil. Artinya, gula darah ibu naik saat hamil," kata Wismandari, dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin, metabolik, dan diabetes, beberapa waktu lalu.

Menurut Wismandari, jika sebelumnya memiliki riwayat diabetes, ibu sedang hamil harus mengendalikan dan mengontrol gula darah. Caranya, harus rajin berkonsultasi dengan dokter.

Untuk kondisi janin sendiri bisa tetap sehat dan normal. Asalkan, ibu tetap mengontrol level gula darahnya agar tidak naik drastis hingga melahirkan.

" Janin bisa tetap sehat asal penanganan gula darah dilakukan segera. Untuk penanganan diabetes pada ibu hamil, dokter biasanya akan memberikan obat insulin. Ini bersifat sementara," kata Wismandari.

Setelah melahirkan, ibu yang mengalami diabetes gestasional, level gula darahnya cenderung akan turun. Pemberian insulin biasanya tidak lagi dilanjutkan usai melahirkan.

Sumber: Fitri Haryanti/ Liputan6.com

Insiden Menyakitkan Mahkota Mrs Sri Lanka Dicopot Paksa

Jangan Lewatkan