Kondisi Hamil Muda, Sebaiknya Berpuasa atau Tidak?

Pada usia kandungan yang masih muda biasanya tubuh masih dalam proses transisi.

Mutia Nugraheni
| 1 Juni 2018 07:20

Dream - Sebagai muslimah, tentunya di bulan Ramadan seperti sekarang Sahabat Dream ingin menjalankan ibadah puasa. Tapi ternyata mendapat rezeki berupa janin dalam kandungan yang usianya masih sangat muda.

Pada usia kandungan yang masih muda biasanya tubuh masih dalam proses transisi. Hormon kehamilan mulai aktif dan membuat ibu mengalami mual, muntah hingga sulit makan.
Dalam kondisi ini lalu muncul dilema apakah tetap berpuasa atau tidak.

Dokter Taufik Jamaan dari RSIA Bunda Jakarta, menjelaskan kalau kondisi setiap ibu hamil tentu berbeda-beda. Untuk bisa puasa atau tidak tergantung kondisi dari sang ibu

" Saat kehamilan usia trimester pertama, hormon di dalam tubuh ibu belum stabil. Hal tersebut kerap disertai mual dan muntal. Nah, kalau mual dan muntah itu kan tidak baik bila dalam kondisi puasa," kata dr. Taufik, seperti dikutip dari Liputan6.com

Ia juga mengingatkan untuk memeriksa kondisi tekanan darah ibu. Kemudian, cek kondisi lainnya. Jika pusing dan lemas, dianjurkan tidak berpuasa karena bisa berpengaruh pada kondisi ibu dan janin.

" Tapi, kalau kondisi ibu hamil baik, boleh-boleh saja menjalankan puasa," kata Taufik.

Bagi ibu hamil yang menjalankan puasa, dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang pakar di bidang infertilitas ini mengingatkan agar ibu memastikan asupan kalori, nutrisi, dan cairan saat sahur dan buka.

Jika ibu hamil di trimester pertama tidak bisa menjalankan puasa, tidak perlu berkecil hati. Ibu hamil bisa mengganti puasa di hari lain.

Sumber: Benedikta Desideria/ Liputan6.com

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan