Kondisi Hamil Bikin Ibu Lebih Lemah Saat Hadapi Virus Covid-19

Ibu hamil harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala Covid-19 dan memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

Mutia Nugraheni
| 23 Maret 2020 10:01

Dream - Pasien-pasien dengan masalah kesehatan bawaan seperti diabetes, hipertensi dan masalah jantung, diketahui berisiko tinggi mengalami pemburukan jika terserang virus Covid-19. Tak hanya itu, ibu hamil dan menyusui juga lebih berisiko mengalami kondisi parah jika terkena virus corona dibanding dengan populasi umum.

Oleh karena itu, Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Jakarta Raya (POGI JAYA) menyerukan keamanan bagi ibu hamil yang termasuk kategori berisiko terinfeksi Covid-19.

Sekretaris Jenderal POGI Jaya, Ulul Albab, SpOG, Sekjen POGI JAYA menerangkan, meski belum diumumkan adanya kasus ibu hamil dan menyusui yang terpapar COVID-19 di Indonesia, kedua kelompok ini juga tetap perlu waspada dengan lebih meningkatkan imunitas tubuh mereka.

" Ibu hamil dan menyusui rentan dengan berbagai penyakit akibat perubahan hormonal sehingga secara otomatis daya tahan tubuh mereka lebih rendah," ujar Ulul seperti dikutip dari Liputan6.com.

Hal yang perlu diperhatikan, apabila ibu hamil dan menyusui mengalami gejala flu dan ataupun gejala yang sama seperti Covid-19, segera periksakan diri ke dokter kandungan. Sebaiknya ibu hamil juga sekaligus meminta dilakukan pemeriksaan Covid-19.

" Apabila diketahui lebih awal, maka dokter dapat merekomendasikan perawatan terbaik bagi pasien untuk mencegah paparan virus tersebut lebih jauh," lanjut Ulul.

 

Selanjutnya :

Tenaga Medis yang Hamil

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak

Jangan Lewatkan