Kini KB Suntik Ada yang Berjarak 2 Bulan

Bisa jadi pilihan praktis untuk yang ingin menunda kehamilan

Mutia Nugraheni
| 28 April 2021 10:04

Dream – Pada usia produktif, perempuan membutuhkan dukungan untuk bisa memaksimalkan kesempatan berkarier dan mengembangkan diri. Salah satunya adalah dengan menunda kehamilan.

Menggunakan alat kontrasepsi jadi pilihan. Salah satu yang kerap digunakan adalah kontrasepsi suntik karena cukup praktis dan terjangkau. Menurut laporan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), sepanjang Januari hingga Maret 2021 terdapat 202 ribu perempuan usia subur Indonesia yang melakukan suntik KB melalui Praktik Mandiri Bidan.

“ KB suntik dipilih sebagai alternatif kontrasepsi karena faktor efektivitasnya yang tinggi, serta kenyamanannya karena akseptor hanya perlu datang secara bulanan, ditambah dengan harga layanan KB suntik yang relatif terjangkau," ujar dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG, FFAG pada Selasa, 27 April 2021 dalam acara bersama DKT Indonesia.

Terkait hal tersebut, DKT Indonesia resmi meluncurkan varian KB Suntik 2 Bulanan pertama di Indonesia dengan nama “ Andalan Gestin F2”. Kontrasepsi ini bekerja dengan cara menghambat sekresi gonadotropin, serta dapat mencegah pematangan folikel dan ovulasi, dan juga penebalan mucus pada mulut rahim dan tipis endometrium sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya implantasi. Selain itu kontrasepsi varian tersebut diketahui tidak menghalangi kelancaran menstruasi atau kesuburan.

“ Adanya varian suntik KB 2 bulan Andalan Gestin F2 ini semakin memberikan alternatif kenyamanan dan kemudahan bagi akseptor karena frekuensi suntik 2 bulan sekali, sehingga semakin ekonomis, selain itu menstruasi tetap lancar karena kandungan hormon kombinasi yang terdapat pada Andalan Gestin F2," kata Apt. Roni Syamson, S. Farm selaku Brand Manager Andalan Kontrasepsi.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

 

Selanjutnya :

Catat, Alat Kontrasepsi Paling Mudah Didapat Saat Pandemi

Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf

Jangan Lewatkan