Kiat Mengajari Anak Cuci Tangan dengan Benar

Mengajarkan kebersihan pada anak-anak sangatlah penting, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Salah satu cara mengajari anak tentang kebersihan adalah dengan mencuci tangan dengan benar.

Siwi Nur Wakhidah
| 10 September 2019 14:05

Pentingnya Mencuci Tangan

Kiat pertama dalam mengajarkan anak mencuci tangan dengan baik dan benar adalah dengan menjelaskan kepada anak betapa pentingnya mencuci tangan. Misalnya dengan memberitahunya, bahwa tangan kita telah menyentuh berbagai jenis benda asing, dan kita tidak tahu apa yang menempel di benda-benda tersebut.

Jelaskan juga pada anak, bahwa kuman yang berasal dari benda asing tersebut dapat menyebabkan tubuh terserang penyakit. Untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan mencuci tangan dengan baik dan benar.

Ada saat-saat tertentu, di mana kita harus mengajarkan anak mencuci tangan, seperti pada saat sebelum makan, setelah ia menyentuh mata, telinga dan mulutnya, atau saat setelah anak menyentuh luka yang ada di tubuhnya.

Selain itu, ajarkan anak untuk mencuci tangannya setelah ia dari kamar mandi, setelah bermain dengan hewan peliharaan, setelah bermain di luar ruangan, setelah berada di dekat orang yang sedang sakit, saat menyentuh sampah, dan pada saat anak melakukan kontak dengan benda asing.

Selanjutnya :

Tahapan Penting Mencuci Tangan dengan Benar

Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair

Jangan Lewatkan