Ketahui Masalah Pada Pria yang Menghambat Kehamilan

Ada beberapa faktor utama pemicu ketidaksuburan pada pria.

Mutia Nugraheni
| 8 Mei 2017 08:11

 

Dream - Kehamilan bisa terjadi bukan hanya 'tanggung jawab' perempuan yang memiliki rahim dan sel telur. Tapi juga melibatkan pria yang memiliki sel sperma. Ketika kehamilan tak kunjung terjadi pemeriksaan harus dilakukan, bukan hanya pada istri tetapi juga suami.

Menurut banyak literatur, baik perempuan maupun laki-laki sama-sama menyumbang 40% infertilitas. Sisanya, 20% tidak diketahui. Ada beberapa faktor utama pemicu ketidaksuburan pada pria.

Obesitas
Laki-laki yang terlalu gemuk atau berat badannya di atas normal memiliki tumpukan lemak di seluruh tubuhnya. Termasuk di area bagian atas kelamin. Penumpukan lemak di daerah tersebut mengakibatkan penis tampak lebih pendek dan membatasi kontak ketika berhubungan seksual.

Hal ini bisa mengurangi kemungkinan terjadinya pembuahan. Kegemukan juga memengaruhi kadar hormon testosteron yang berperan terhadap organ reproduksi. Seperti keberlangsungan pembentukan sperma dan fungsi seksual.

Masalah sperma
Gerakan sperma lambat menjadi salah satu penyebabnya. Bila gerakan sel sperma lambat, cenderung tidak sampai menuju sel telur, sel sperma sudah mati. Untuk hal ini dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahuinya dan harus diterapi melalui pengobatan dan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Varikokel
Kondisi ini merupakan varises testis, yaitu pelebaran pembuluh darah balik atau vena sehingga berpengaruh buruk pada pembentukan dan kualitas sel sperma. Varikokel juga mengakibatkan penumpukan darah di testis sehingga suhu skrotum meningkat. Efeknya, melemahkan bahkan mematikan sel-sel sperma.

 

Sumber: Jurnal Program Nutritalk

 

Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi

Jangan Lewatkan