Ketahui Kondisi yang Memicu Posisi Sunsang Pada Janin

Idealnya, posisi kepala bayi di dalam kandungan berada di bawah dekat dengan jalan lahir.

Mutia Nugraheni
| 30 Oktober 2018 14:13

Dream - Posisi janin dalam rahim, terutama di trimester ketiga kehamilan akan sangat mempengaruhi proses persalinannya. Salah satu yang dikhawatirkan adalah janin berada dalam posisi sunsang.

Seperti dikutip dari KlikDokter, bayi sungsang adalah kondisi ketika posisi kepala bayi berada di bagian atas rahim, sementara kaki atau bokongnya berada di bagian bawah rahim (dekat dengan jalan lahir).

Padahal, idealnya posisi kepala bayi di dalam kandungan berada di bawah dekat dengan jalan lahir. Penelitian menyebutkan bahwa posisi bayi sungsang terjadi sekitar 3-4 persen dalam kehamilan.

Kondisi bayi sungsang biasanya diketahui pada usia kehamilan 35 atau 36 minggu melalui pemeriksaan USG. Penyebab kehamilan sungsang memang belum dapat dijelaskan secara pasti.

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya posisi bayi sungsang dalam kehamilan. Antara lain, bukan kehamilan pertama, riwayat persalinan prematur di kehamilan sebelumnya, cairan ketuban terlalu banyak atau sedikit, mengalami plasenta previa, yakni bagian plasenta menutupi mulut rahim.

Kondisi kelainan pada rahim seperti fibroid atau tumor rahim juga bisa memicu janin dalam posisi sunsang. Faktor lain yang juga berpengaruh yaitu usia ibu terlalu muda atau tua saat kehamilan

Biasanya, persalinan dengan posisi bayi sungsang dianjurkan melalui operasi caesar. Jenis operasi ini merupakan cara paling aman untuk mengeluarkan bayi dari kandungan jika masih dalam posisi sungsang.

Sumber: Andika Widyatama/ KlikdokterLiputan6

Topik Terkait :

Nagita Positif hamil Anak Kedua

Jangan Lewatkan