Ketahui Detail Tekstur Makanan Bayi Berdasarkan Umur

Jangan langsung memberi makanan keras, namun juga jangan terus memberi bubur saring. Si kecil juga perlu 'naik kelas' agar belajar mengunyah.

Mutia Nugraheni
| 1 Oktober 2017 12:44

Dream - Membuat makanan pendamping ASI (MPASI) jadi suatu tantangan tersendiri bagi para ibu. Mengandung nutrisi yang optimal, disukai anak, serta mampu merangsang kemampuan oralmotoriknya, yaitu mengunyah dan menggigit.

Untuk itu penting mengenalkan tekstur makanan secara bertahap pada bayi di atas 6 bulan. Jangan langsung memberi makanan keras, namun juga jangan terus memberi bubur saring. Si
kecil juga perlu 'naik kelas' agar belajar mengunyah.

Panduan tahapan porsi, frekuensi dan tekstur MPASI berikut bisa jadi contoh untuk membuat menu makanan bagi si kecil.

Porsi
6 bulan : 2-3 sdm
6 bulan 2 minggu : 3-4 sdm

(Keterangan : satuan sdm adalah sendok makan dewasa standar setara 15 ml atau agar lebih pasti dapat menggunakan sendok takar).

Porsi di atas ditambah secara bertahap mengikut kemampuan bayi dengan harapan di usia 9 bulan sudah mencapai 125 ml dan 1 tahun sudah mencapai 250 ml. Porsi yang dimaksud adalah porsi makan anak siap makan dengan komposisi 50% karbohidrat.

Sumber karbohidrat tidak hanya nasi tapi bisa dari kentang, ubi dan lain-lain. Lalu 30% protein hewani dan lemak. Uuntuk lemak bisa didapatkan dari lemak tambahan yang diberikan
dengan sengaja seperti santan, extra virgin olive oil, minyak kelapa, minyak jagung, margarin, mentega atau butter. Sementara 10% protein nabati (kacang-kacangan/jamur) dan 10%
vitamin dan mineral (sayur mayur).

Frekuensi
6-7 bulan : 2x sehari
8-9 bulan : 2x sehari dengan makanan selingan 1x (buah)
9-10 bulan : 3x sehari dengan makanan selingan 1x (buah)
11-12 bulan : 3x sehari dengan 2x makan selingan (1x buah, 1x makanan selingan sehat)

Untuk teksturnya, pada pemberian awal bisa dibuat bubur saring. Menggunakan saringan yang rapat, kemudian bertahap menggunakan saringan dengan jarak yang semakin longgar.
Selengkapnya baca di sini.

Sumber: Indonesia Menyusui

Audi Marissa - Anthony Xie | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 3

Jangan Lewatkan